MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

10 Tanda Kalau Anjing Anda Sakit dan Perlu Bantuan Dokter Hewan

10 Tanda Kalau Anjing Anda Sakit dan Perlu Bantuan Dokter Hewan – Gejala penyakit yang dialami anjing dapat bervariasi dari yang ringan sampai yang parah. Gejala tersebut meliputi kehilangan kesadaran, kejang, kesulitan bernapas atau gejala lainnya maka anjing anda membutuhkan penanganan segera dari dokter hewan. Jika anjing anda mengalami gejala seperti berikut ini, segeralah memeriksakannya kepada dokter hewan:

1. Pendarahan

Pendarahan yang tak terkendali bisa membuat anjing anda hilang kesadaran dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Bila anjing anda terluka pada bagian tubuh dan menyebabkan pendarahan yang tidak terkontrol, segeralah balut luka tersebut dengan kain bersih dan kering untuk menghentikan sementara pendarahan yang dialami serta bawalah segera anjing anda ke dokter hewan.

2. Masalah Pernapasan

Jika tiba-tiba anjing mengalami gangguan kesehatan seperti napas terengah-engah, sesak, dan hembusan napasnya kencang. Periksalah pada bagian lidahnya apakah mengalami pembengkakan warna atau lidahnya berubah menjadi kebiruan, bila mengalami hal seperti ini segeralah periksakan anjing anda ke dokter hewan.

3. Perubahan Energi yang sangat mencolok

Tanda-tanda anjing anda mengalami masalah kesehatan pada sistem tubuhnya bisa diketahui oleh sifatnya yang tiba-tiba berubah seperti tidak ingin keluar dari kandangnya meski anda telah memanggil dan membujuknya dengan mainan favorit atau makanan kesukaannya. Atau tiba-tiba anjing anda sangat lamban bergerak daripada biasanya.

4. Perut Membesar/Bengkak

Jika bentuk perut anjing anda tiba-tiba mengalami pembengkakan dan terasa sakit atau merintih ketika anda menyentuh perutnya, akan tetapi dia tidak muntah. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa anjing anda mengalami keracunan atau mempunyai masalah yang serius pada ginjalnya.

5. Sesuatu yang Membuatnya Sangat Kesakitan

Jika anjing anda merengek atau menangis yang tak kunjung berhenti, atau jika anjing anda tiba-tiba menggigit saat menyentuh bagian tubuhnya. Anjing anda mencoba memberitahukan kepada anda bahwa terjadi masalah pada mereka lewat tingkah laku tersebut.

6. Perubahan Suhu Tubuh

Masalah kesehatan juga bisa ditandai dengan perubahan suhu tubuh mereka. Suhu tubuh pada anjing yang normal berkisar antara 38-39 derajat celcius. Bila suhu tubuh anjing anda di bawah atau di atas suhu tubuh anjing yang normal maka anda perlu memeriksakannya ke dokter hewan.

7. Kejang

Bila anjing anda mengalami kejang-kejang, mereka akan mertingkah seperti ketakutan atau bingung tanpa sebab. Saat berdiri atau berjalanpun, dia terlihat sempoyongan atau bahkan jatuh. Tubuh merekapun akan gemetar dan menggigil kedinginan selama beberapa menit sehingga dia menjadi tidak responsif. Setelah semua hal tersebut sudah mereda, dia akan merasa kebingungan, tampak lesu, bahkan takut karena tidak tahu apa yang sebenarnya telah terjadi dengannya. Bila anda mengalami situasi seperti ini, sebaiknya anda jangan coba-coba untuk menyadarkannya di saat mengalami kejang-kejang. Yang perlu anda lakukan hanyalah meletakan kepalanya pada posisi dimana dia tidak tersedak atau menggigit lidahnya sendiri. Kemudian eluslah dengan lembut dan bicaralah dengan perlahan sampai dia benar-benar sadar dan segeralah bawa anjing anda ke dokter hewan.

8. Kehilangan Kesadaran

Kehilangan kesadaran dapat diketahui dengan tanda-tanda seperti sempoyongan atau jatuh tiba-tiba, mendadak menarik diri, gemetar, tidak reesponsif terhadap sentuhan atau suara, kebutaan tiba-tiba, bahkan bisa terjadi koma. Selain itu, anda juga bisa melihat dari sikapnya yang aneh seperti menggigit hal yang tidak ada atau sedang menggigit sesuatu ataupun memiringkan kepala.

9. Gejala-gejala yang tidak juga hilang

Bila anjing anda mengalami gejala-gejala yang tidak kunjung hilang selama 2-3 hari seperti bulu kusam, kering dan kulit terkelupas, sesak napas atau batuk, tidak nafsu makan, sembelit, diare, lumpuh, lemas, perubahan besar pada urin atau muntah maka anda perlu memeriksakannya ke dokter hewan.

10. Hubungi Dokter Hewan Segera Jika…

Jika anjing anda mengalami kecelakaan, makan atau minum apapun yang beracun, terkena benda tajam, terlibat perkelahian, maka anda harus segera memeriksakannya ke dokter hewan untuk mengetahui apakah dia mengalami cidera, trauma, ataupun shock.

Info Perawatan Selain : 10 Tanda Kalau Anjing Anda Sakit dan Perlu Bantuan Dokter Hewan

Page

    Page

      Page