MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

17 Jenis Penyakit Kulit Pada Anjing Dan Ciri Gejalanya Untuk Dog Lover

Suara seekor anjing ketika mereka menggaruk atau menjilat mungkin terdengar sangat mengganggu atau menyebalkan. Tetapi jangan menyalahkan anjing karena kebiasaan ini,karena dengan beitu anjing memberitahukan bahwa mengalami masalah kesehatan atau terkena penyakit kulit,sehingga anjing akan melakukan hal itu. berikut macam-macam jenis penyakit kulit yangserin melanda anjing peliharaan anda :

1.Alergi Dermatitis

Seekor anjing yang terkena alergi kulit akan merasa gatal dan terus menggaruknya. Jika anda memeriksanya akan terdapat bercak merah . Alergi ini di sebabkan oleh beberapa faktor seperti makanan, gigitan serangga, produk gooming ,dan pemicu lain di sekitar lingkungan atau tempat tinggalnya . Jika anjing anda terkena alergi dan sudah terdapat bercak merah coba gunakan Corticosteroid untuk membvantu mengurangi bercak merah yang gatal. Namunakan lebih efektif jika di bawa ke dokter supaya mengetahui penyebabnya, mendapatkan pengobatan,dan dapat menhindarin penyabab alergi Dermatitis.

2.Infeksi Jamur

Infeksi Jamur merupakan penyakit kulit yang sering melanda anjing atau jenis hewan lainnya. Penyakit ini muncul dengan di tandai adanya iritasi,warna kulit anjing berubah,dan merasa gatal. Anjing yang merasa gatal biasanya akan terus menggaruk-garuknya atau menjilatinya di sekitar bagian yang gatal. Infeksi Jamur biasanya menyerang bagian seperti telapak kaki,telinga,dan tempat yang paling subur tumbuhnya. Infeksi jamur sangat mudah dikenali dan mudah disembuhkan dengan obat oles atau pengobatan topical. Jika anjing anda mengalami infeksi jamur sebaiknya di bawa ke dokter supaya mendapat pengobatan. Pada beberapa kasus, dokter hewan akan meresepkan obat-obatan yang dikonsumsi secara oral ataupun obat-obatan untuk digunakan anjing anda ketika mandi.

3.Follicultis

Superficial Follucultis merupakan infeksi bakteri yang dapat menyebabkan luka,benjolan,dan koreng/gudis di bagian kulit. Follicultis sering muncul bersamaan dengan penyakit kulit lainnya, seperti, kudis, alergi atau luka. Kelainan kulit di bulu panjang akan terlihat bulu yang kusam,kerontokan,dan kulit bersisik. Sedangkan Follicultis akan terlihat jelas pada anjing berbulu pendek. Jika anjing anda mengalami kelaianan ini sebaiknya di bawa ke dokter supaya mendapat pengobatan dan hal-hal yang harus di hindari. Selain itu pengobatan juga bisa di lakukan secara mandiri berupa antibiotik dan salep anti bakteri atau shampoo.

4.Impetigo

Impetigo merupakan jenis infeksi bakteri yang sering terjadi pada anak anjing. Impetigo merupakan infeksi yang tidak serius, infeksi ini dapat menyebar maupun menetap. Impetigo dapat menyebabkan kulit melepuh dan berisi nanah yang bisa pecah. Lepuhan ini biasanya timbuh di daerah abdomen yang tidak berbulu. Untuk mengobati anjing yang terkena Impetigo bisa menggunakan salep topikal, atau lebih baikdi bawa ke dokter hewan.

5.Seborrhea

Seborrhea merupakan penyakit genetik yang terjadi pada anak anjing dan menetap seumur hidup.Seborrhea dapat menyebabkan kulit anjing menjadi berminyak dan menimbulkan kerak/ketombe. Anjing yang mengalami kelaian Seborrhea biasanya terserang ketombe akibat komplikasi/gejala dari penyakit lain, seperti alergi atau kelainan hormon. Bawalah ke dokter supaya mendapat pengobatan supaya gejalanya tidak muncul kembali.

6.Ringworm

Ringworm merupakan sebuah infeksi yang sering menyerang pada anjing di bawah usia setahun dan infeksi ini dapat menyebar dengan cepat pada anjing-anjing lain di kennel atau anjing-anjing rumahan. Infeksi Ringworm akan muncul dengan di tandai inflamasi, luka bersisik dan rontoknya bulu di daerah luka. Ringworm berasal dari luka yang berbentuk melingkar pada kepala, tapak, telinga dan kaki depan anjing. Untuk mengobati infeksi Ringworm anda bisa menggunakan jenis obat-obatan anti jamur.

7.Kerontokan (Alopecia)

Kerontokan merupakan hal yang wajar dan sering terjadi pada bulu anjing. Kerontoakn biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor seperti stres,nutrisi yang tidak sesuai dengan kebutuhan,dan penyakit yang membuat bulu anjing rontok. Jika anjing anda mengalami bulu rontok yang tidak wajar atau terlalu berlebihan, dan terus menerus selama lebih dari seminggu berati anjing anda mengalami masalah dan segera di bawa ke dokter supaya mendapatkan pengobatan dan mengetahui apa yang perlu di hindari.

8.Mange / Mites (Tungau)

Mange merupakan kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit yang disebut mites (tungau). Kelainan ini biasanya muncul dengan di tandai adanya gejala seperti rasa gatal yang berlebihan, kulit yang memerah, sakit dan rontoknya bulu. Sarcoptic Mange atau scabies pada anjing memiliki sifat mudah menyebar dengan sesama anjing,dan bisa juga menyebar ke manusia. Telinga wajah dan kaki merupakan daerah yang sering di landa penyakit kulit. Demodetic mange hanya timbul pada anjing dan menyebabkan botak, berkoreng dan sakit. jika anjing anda mengalami penyakit kulit seperti ini segera bawa ke dokter supaya mendapat pengobatan. Ingat Perawatan yang dapat diberikan tergantung dari jenis mange (tungau) tersebut.

9.Fleas (Kutu)

Kutu merupakan serangga yang tidak bersayap dan berukuran kecil yang di anggap hewa kutukan bagi hewan peliharaan seperti anjing. kutu biasanya meninggalkan kotoran atau telur dan biasanya terlihat pada kulit anjing. Kutu dapat menyebabkan kulit anjing untuk menjadi merah dan meradang. Jika anjing terserang kutu dan parah, anjing bisa saja kekurangan darah dan menjadi anemia, bahkan mengakibatkan anjing beresiko terserang parasit lainnya seperti cacing pita. Pengobatan dapat berupa obat oles/obat oral untuk membunuh kutu,membersihkan tempat bermain dan kandang anjing anda.

10.Ticks (Caplak)

Ticks (Caplak) merupakan jenis hewanseperti kutu yang senang menyerap darah anjing atau menggigit kulit anjing. Caplak juga merupakan parasit yang menyebabkan penyakit Lyme dan infeksi bakteri seius lainnya. Untuk membuang caplak pada anjing gunakan pinset untuk mengangkat caplak, tariklah secara perlahan keluar dari anjing supaya kepala caplak tidak terputus,Jika sampai terputus dapat menyebabkan infeksi. Jangan memencet caplak karena telur dalam perutnya dapat berhamburan keluar. Jika anda hidup didaerah yang populasi caplaknya tinggi, konsultasikan kepada dokter hewan tentang produk-produk anti-caplak.

11.Kulit Kering dan Pecah-Pecah

Alergi, mange dan penyakit kulit lainnya merupakan masalah yag sering melanda anjing. masalah seperti ini biasanya menyebabkan Kulit kering, dan pecah,namun tidak tergolong masalah serius. Kulit anjing menjadi menjadi kering karena musim dingin. Jika hal ini membuat anjing anda tidak nyaman, konsultasikan dengan dokter.

12.Acral Lick Granuloma

acral lick dermatitis merupakan kondisi yang membuat anjing frustasi sehingga anjing menjilati satu daerah secara terus menerus yang mengalami penyakit kulit ini,terutama bagian bawah kaki depan. Area tersebut tidak dapat sembuh, dan akibatnya adalah rasa sakit dan gatal . Perawatan dapat berupa, menghentikan anjing menjilati daerah tersebut, baik menggunakan obat oles yang tidak enak rasa/baunya atau anda dapat memasangkan Elizabethan collar. namun cobalah bawa ke dokter spesialis siapa tau ada obat yang manjur.

13.Tumor Kulit

Anjing yang terkena tumor kulit biasanya muncul benjolan keras di kulit anjing. Cara satu-satunya untuk mendiagnosa tonjolan tersebut berupa kanker atau bukan adalah melalui biopsi tumor. Jika tonjolan tersebut berukuran cukup kecil, dokter hewan mungkin akan menyarankan anda untuk mengangkatnya, ini merupakan prosedur tunggal. Untuk tumor yang tidak menyebar, hanya cara pengangkatan ini saja yang dibutuhkan.

14.Hot Spots

Hot spots merupakan salah satu infeksi yang sering terjadi pada anjing. Hot spots muncul biasanya di sebabkan dari beberapa hal seperti infeksi, alergi, gigitan serangga, kebiasaan menjilat yang berlebihan dan kebiasaan menggerogoti. Hot spot terlihat merah, iritasi dan infeksi,dan sering ditemukan pada daerah kepala anjing, pinggul, atau daerah dada, dan sering sekali terasa panas jika disentuh. Perawatan yang dapat diberikan adalah membersihkan daerah yang terserang hotspot dan mencari tahu penyebab dari hotspot tersebut.

15.Kelainan Sistem Imun

Penyakit ini sangat fatal apabila tidak mendapatkan perawatan. Pada kasus yang langka, luka kulit atau infeksi yang tidak dapat sembuh mengindikasikan adanya kelainan sistem imun pada tubuh anjing anda. yang terkenal yaitu lupus,Lupus merupakan kelainan auto-imun, yang artinya sistem imun tersebut menyerang sel dalam tubuhnya sendiri. penyakit ini muncul dengan di tandai gejala seperti berupa kelainan kulit dan masalah ginjal. Kelainan ini tidak hanya menyerang hewan saja,namun manusia juga bisa terserang penyakit ini.

16.Penyakit Kantung Anal

Kantung Anal merupakan merupakan penyakit yang sering melnada anjing peliharaan anda,dan di tandai adanya Gejala lain termasuk menggigit atau menjilat daerah anal. Ciri khas dari kantung anal yang tidak bersih adalah anjing kan menyeret bagian bawah mereka ke lantai atau ke tanah. Dokter hewan dapat membersihkan secara manual kantung anal tersebut, tetapi pada kasus-kasus yang lebih parah, kantung tersebut harus diangkat.

17.Perubahan Warna atau Tekstur

Perubahan pada warna dan kulit anjing merupakan tanda bahaya dari beberapa masalah metabolisme atau hormon. Pastikan anda menanyakan kepada dokter hewan tentang perubahan-perubahan yang terlihat pada kulit anjing anda.

Info Perawatan Selain : 17 Jenis Penyakit Kulit Pada Anjing Dan Ciri Gejalanya Untuk Dog Lover

Page

    Page

      Page