MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

5 Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Anjing Besar Ini Bahayanya

Anjing merupakan hewan yang di gambarkan dengan kelincaannya,galaknya,bahayanya kelembutannya,apalgai jika anjing tergolong anjing ras besar. Namun di balik itu semua ras anjing besar dapat menyimpan risiko penyakit tertentu seperti penyakit jantung,lambung dan persendian yang bahkan bisa menyebabkan kematian. jika anda memelihara anjing ras berukuran besar seperti Golden Retriever, German Shepherd, dan Labrador pastikan jika anda meperhatikanbenra-benar kesehatannya apalgi anjing ras besar yang sudah senoir, biasanya rentan terkena masalah kesehatan atau penyakit. Berikut beberapa penyakit yang umum ditemukan pada anjing besar :

1.Hip Dysplasia

Hip Dysplasia adalah kelainan perkembangan persendian pinggul yang sering terjadi pada anjing besar, misalnya Golden Retriever, German Shepherds dan Standards Poodle. Anjing yang terkena Hip Dysplasia biasanya akanmengalami perubahan dari sifatnya misalnya anjing menjadi malas berjalan,melompat,dan mengalamai pincang, selain itu anjing yang megalami kelainan Hip Dysplasia sulit di deteksi. Anjing mengalami Hip Dysplasia bisa di obati namun tergantung tingkat keparahannya . Kelainan ini terjadi pada anjing yang berusia di bawah 10 bulan dan di sebabkan oleh faktor genetik maupun lingkungan seperti ,trauma, cara memberikan makanan,lamanya pelatihan, penyakit sumsum tulang belakang, dan kelainan persendian. Cara pencegahannya adalah memeriksa persendian anjing sedini mungkin, apalagi jika anjing anda akan di lakuakn pelatihan. Anjing yang terkena kelainan ini jika di biarkan akan mengalami kelumpuhan.

2.Entroprian

Entroprian merupakan kelainan mata yang di akibatkan oleh iritasi bola mata karena melipatnya kelopak mata ke dalam atau keluar. Kelainan ini biasanya akan terjadi pada anjing mudah. Untuk beberapa anak anjing kelainan ini akan hilang karena pembesaran kepala pada masa pertumbuhannya. Namun alangkah baiknya dibawa ke dokter supaya mendapatkan pengobatan dan menemukan gejal-gejalnya. Menurut Michigan Ave Animal Hospital pengobata pada kelainan Entroprian membutuhkan beberapa kali operasi untuk menjadikan anjing normal. Namun jika anjing mengalami kelainan ini dan di biarkan akan mengalami kebutaaan karena tingkat kelainan yang sudah parah.

3.Kembung

Kebanyakan umum orang menganggap bahwa kembung merupakan persoalan biasa dan di anggap sepele. Namun sebenranya jika anjing mengalami kembung karena adanya faktor lambung membesar terisi gas,cairan berlebih,lambung melilit, dan kembung GDV (Gastric Dilatation Volvulus),jika di biarkan anjing anda akan mengalami kematian.Anjing yag mengalami kembung biasanya akan menunjukkan gejal-gejala seperti gelisah,berliru berlebihan,perut membesar,lesu,berjalan kaku, Untuk tahap anjing sudah parah seperti nadi melemah,lidah pucat,denyut jantung cepat,nafas sesak,dan pingsan,dan akan menyebabkan lambung sobek dan infeksi mematikan. Gejala kembung sering terjadi akibat memberikan porsi makan anjing berlebihan,dan memberikan pelatian berlebihan. Sebaiknya jika ingin memberikan makan gunakan porsi secukupnya,biasakan anjing mengkonsumsi makanan secara perlahan,dan membiasakan waktu bermain setelah lambung mencerna (30-60 menit).

4.Aortic Stenosis

Aortic Stenosis merupakan kondisi dimana katup jantung tidak mampu membuka lebar dan sempurna sehingga mengakibatkan darah tidak mengalir secara menyeluruh dan mengakibatkan jantung memompa lebih kencang. Kelainan Aortic Stenosis biasanya terjadi pada anjing besar terutama Golden Retriever. Anjing yang mengalami kondisi ini ditandai dengan batuk, kesulitan bernafas, terengah-engah, dan enggak toleran terhadap latihan fisik. Jika anjing anda mengalami kejadian di tahap sedang sebaiknya menghindari latian berat,cuaca panas,dan tetap menjaga fisik . Namun Pada kondisi yang parah, di sarankan melakukan operasi atau pengobatan kimia.

5.Osteoarthritis

Oeseoarthritis adalah penyakit degenerasi tulang persendian di mana sendi kartilago pada anjing menipis seiring waktu dan menyebabkan rasa sakit terus menerus. Kondisi ini kerap terjadi pada anjing besar yang sudah berusia tua. Anjing yang menderita penyakit ini akan lemas seiring meningkatnya rasa sakit pada persendian yang disertai pembengkakan. Jik anjing anda mengalami kejadian seperti ini sebaiknya dengan sigap di bawa ke dokter supaya mendapat pengobatan dan perawatan . Untuk penanganan sehari-hari gunakan tempat makan yang tingginya disesuaikan dengan leher anjing anda sehingga mengurangi rasa sakit saat membungkuk untuk makan.

Info Perawatan Selain : 5 Jenis Penyakit Yang Sering Menyerang Anjing Besar Ini Bahayanya

Page

    Page

      Page