MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

5 Jenis Ras Anjing Paling Rawan Kena Masalah Penyakit Kulit

5 Jenis Anjing Paling Rawan Kena Masalah Penyakit Kulit – Infeksi jamur dan bakteri tidak hanya membuat bulu anjing terlihat tidak sehat, namun berpotensi menyebabkan infeksi sekunder yang berlanjut pada infeksi lebih parah. Terdapat beberapa anjing yang memang rentan terhadap masalah pada kulit mereka. Sebagian anjing dilahirkan dengan membawa gen keturunan masalah kulit. Namun, bukan berarti anjing jenis ini tidak bisa menikmati kehidupan yang bahagia dan menyehatkan. Mari kita simak ulasan mengenai 5 jenis anjing dan bagaimana cara menangani masalah pada kulit mereka.

1. Anjing Spaniels

Tak jarang banyak dokter hewan beranggapan bahwa anjing jenis ras spaniels rentan terkena infeksi kulit pada bagian lipatan mulut dan telinga. Terjadinya infeksi kulit pada bagian lipatan telinga disebabkan karena daun telinga yang besar dan panjang pada anjing spaniels bisa memicu pertumbuhan bakteri dan jamur, begitu pula lipatan pada bagian mulut. Untuk itu, anda harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi anjing anda agar membantu masalah infeksi kulit pada telinga. Hal ini karena selain dipengaruhi oleh faktor anatomi, juga bisa dipengaruhi oleh faktor alergi pada makanannya.

2. Anjing Standard Poodles

Jenis anjing ini biasanya membawa gen penyebab kerontokan bulu yang membuat anjing terlihat pitak. Tidak di pastikan penyakit ini bisa di hilangkan, namun anda bisa membantunya dengan terapi Vitamin A, asam lemak omega-3, perawatan minyak oles, dan mandi secara teratur. Sebagai langkah pencegahan infeksi sekunder, anda mungkin membutuhkan antibiotik dan jamur.

3. Anjing American Bulldogs

Rata-rata anjing american bulldogs mempunyai alergi terhadap makanan maupun lingkungan yang memicu timbulnya penyakit pada kulit mereka. Terlebih lagi lagi anjing ini rentan menderita penyakit canine ichthyosiform dermatoses, yaitu penyakit kulit genetis yang ditandai dengan warna kulit merah dan bersisik pada bagian perut, kunci paha, dan bagian ketiak. Bila anda mencurigai tanda-tanda tersebut dimiliki oleh anjing anda, maka periksakan anjing anda kepada dokter hewan untuk mengetahui penyebabnya apakah dipicu karena makanan atau faktor lingkungan.

4. Anjing Doberman Pinscher

Anjing jenis ini sering mengidap hypothyroidism (gangguan kelenjar tiroid). Kondisi ini mungkin terlihat tidak berpengaruh pada kulit mereka, namun bila fungsi kelenjar tiroid pada anjing jenis ini tidak normal maka penampilan kulit mereka cenderung kering, tipis, dan berketombe. Hal ini mungkin saja bisa menimbulkan infeksi kulit sekunder misalnya infeksi bakteri dan jamur. Namun anda tidak usah kawatir mengenai hal ini karena terdapat tablet hormon untuk perawatan tiroid yang dapat membantu mengurangi gejala tersebut.

5. Anjing English Bulldog

Karena anjing english bulldog memiliki banyak sekali lipatan, tidak dipungkiri anjing jenis ini renta terhadap infeksi sekunder sehingga pemiliknya harus rutin membersihkan tubuh mereka. Untuk anjing jenis ini yang berusia di bawah 4 tahun juga berisiko terkena tumor kulit yang di tandai dengan benjolan pada kulit mereka. Untuk mendiagnosa benjolan tersebut, dibutuhkan biopsi. Kabar baiknya benjolan tersebut bisa hilang dengan sendirinya tanap melakukan perawatan sehingga tindakan operasi sangat jarang terjadi terkecuali tumor yang menyebabkan infeksi, rasa sakit, benjolan membesar, dan pendarahan.

Info Perawatan Selain : 5 Jenis Ras Anjing Paling Rawan Kena Masalah Penyakit Kulit

Page

    Page

      Page