MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

5 Mitos Dan Fakta Sterilisasi ( Kebiri ) Anjing Yang Wajib Di Pahami

5 Mitos Dan Fakta Sterilisasi ( Kebiri ) Anjing Yang Wajib Di Pahami – Di masyarakat beredar banyak sekali mitos tentang bahaya dari kebiri terhadap anjing atau kucing. Padahal kebiri ini memiliki banyak manfaat untuk peliharaan kesayangan kita. Nah bagi anda yang masih bingung apakah mau kebiri atau tidak, berikut adalah penjelasan tentang berbagai mitos yang berkembang tentang kebiri di masyarakat dan juga fakta yang sebenarnya.

1. Kejantanan Berkurang

Pada kenyataannya, mengkebiri seekor kucing atau anjing tidak akan membuat kejantanannya berkurang maupun mengubah sifat dasar dari hewan tersebut. Karena hewan tidak punya konsep identitas seksual atau ego seperti manusia. Mengkebiri kucing atau anjing tidak akan menyiksa mereka.

2. Jadi Gemuk

Anjing atau kucing akan cenderung Jarang bergerak, tenang dan makan lebih banyak setelah dikebiri. Namun kita masih bisa mengatur pola makan mereka sehingga kenaikan berat badan bisa dicegah. Sebagai contohnya kita bisa membatasi jumlah makanannya, yang terpenting nutrisi yang terkandung, bukan jumlah makanannya. Kemudian kita bisa lebih rutin untuk mengajaknya bermain.

3. Terlalu Muda

Kucing maupun anjing sebenarnya bisa dikebiri sejak usia dini. Hal ini bisa kita lakukan untuk mencegah kehamilan yang tidak kita harapkan. Pada usia 4 bulan seekor anjing maupun kucing betina sudah bisa birahi. Perilaku anjing dan juga kucing juga dipangaruhi oleh usia pengebirian.

4. Menjadi Penakut

Setelah dikebiri, anjing akan menjadi lebih tenang dibanding sebelumnya. Namun sebagian orang menganggap kalau anjing justru menjadi penakut, padahal hal tersebut salah. Faktanya perilaku anjing dipengaruhi oleh usia sterilisasi dan lingkungan mereka. Nah usia terbaik untuk mengebiri hewan peliharaan adalah 6-8 bulan. semakin awal hal ini dilakukan maka semakin banyak perilaku positif dari hewan tersebut.

5. Mahal

mahal tidak bisa kita jadikan sebagai alasan karena sekarang sudah ada banyak bakti sosial kebiri atau sterilisasi. Dengan mengebiri di bakti sosial kita hanya akan dituntut untuk mengeluarkan 200-400 ribu rupiah, sedangkan jika kita melakukannya di klikik kita perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak antara 1-2 juta rupiah. lalu bagaimana dengan kualitasnya? kalau harganya murah pasti kualitasnya buruk. hal ini salah, kenapa? Bakti sosial bisa lebih murah karena enggak ada biaya administrasi, perawat, rawat inap, infus, gedung, seperti halnya klinik atau RS hewan. anda tidak perlu khawatir karena dokter yang berperan di bakti sosial adalah dokter yang sudah profesional dan melakukan kebiri sesuai prosedur yang benar.

Info Perawatan Selain : 5 Mitos Dan Fakta Sterilisasi ( Kebiri ) Anjing Yang Wajib Di Pahami

Page

    Page

      Page