MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

5 Penyakit Anjing Yang Paling Mudah Menular Ke Hewan Lain

Bersin merupakan penyakit yang mempunyai sifat menular dan tergolong penyakit yang berbahay karena bisa menyebabkan infeksi. Jika anjing kesayangan anda memngalamikejadian ini sebaiknya di perhatikan secara seksama apakah bersin biasa atau bersin yang berbahaya. Beberapa penyakit anjing bisa sangat menular dan berbahaya jika terlambat penanganan. Berikut penyakit anjing yang bia menular dengan cepat dan berbahaya :

1.Parvovirus

Parvovirus jenis penyakit virus yang memiliki sifat mudah menular dan bisa ditularkan secara oral, melalui kotoran atau kontak oral. Anjing yang terkena Parvovirus akan menunjukkan gejala muntah, diare, regurgitasi yang bisa berakhir pada dehidrasi dan kematian. The American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) menyarankan agar kita rajin membersihkan tempat makan, minum, bahkan mainan anjing. Asupan cairan dan nutrisi yang cukup sangat penting bagi anjing yang divonis terinfeksi. Vaksinasi sangat efektif untuk mencegah virus ini.

 

2.Canine Influenza

Canine Influenza merupakan penyakit yang mudah menular , terutama bagi anjing-anjing yang hidup di penampungan. Flu ini layaknya flu manusia yakni dengan di tandai bersin,dan batuk. Untuk penyembuhan flu ini hanya memerlukan kenyamanan dan kehangatan dan Pastikan anjing medapatkan cairan dan nutrisi yang cukup untuk proses penyembuhannya. Jika anjing terkena flu, biasanya mereka akan kehilangan nafsu makan lantaran hidungnya tersumbat sehingga enggak bisa mencium aroma makanan. Coba suguhkan makanan basah yang biasanya aromanya lebih tajam.

 

3.Leptospirosis

Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira interrogans yang menyebar biasanya melalui urin hewan yang terinfeksi . Contohnya, tikus, musang, tupai, aning liar, dan sebagainya. Bakteri ini masuk ke tubuh anjing melalui luka kulit dan selaput lendir mata, mulut,dan hidung.

Anjing yang sudah terinfeksi penyakit ini biasanya menunjukkan gejala seperti muntah, kurang nafsu makan, dan sedikit buang air kecil, gusi pucat, kulit kekuningan. Jika pengobatan terlambat bisa menyebabkan kematian. Namun pengobatan berhasil, anjing tidak selalu sembuh total dan kemungkinan menderita efek jangka panjang seperti gagal ginjal atau hati.

Leptospirosis mudah menyerang anjing yang suka bermain di genangan air, rumput, tanah,dan kolam yang sudah tercemar urin tersebut.

4.Ringworm

Ringworm merupakan sebuah infeksi yang sering menyerang pada anjing di bawah usia setahun dan infeksi ini dapat menyebar dengan cepat pada anjing-anjing lain di kennel atau anjing-anjing rumahan. Infeksi Ringworm akan muncul dengan di tandai inflamasi, luka bersisik dan rontoknya bulu di daerah luka. Ringworm berasal dari luka yang berbentuk melingkar pada kepala, tapak, telinga dan kaki depan anjing. Untuk mengobati infeksi Ringworm anda bisa menggunakan jenis obat-obatan anti jamur. Biasanya anjing dengan nutrisi yang buruk menyebabkan daya tahan tubuh lemah sehingga mudah tertular penyakit ini.

5.Canine Hepatitis

Canine Hepatitis merupakan penyakit yang memiliki sifat menular dengan cara air liur dan selaput lendir. Canine Hepatitis dapat menyebabkan peradangan ginjal dan bahkan kematian. Canine Hepatitis muncul di tandi dengan gejala seperti sakit tenggorokan, kornea mata berawan, demam. Anak anjing lebih mudah terserang Canine Hepatitis yang memiliki daya tahan tubuhnya belum berkembang penuh. Untuk pencgahan bisa dilakukan dengan vaksin diberikan bersamaan dengan vaksin dasar saat anjing berusia anak-anak.

Info Perawatan Selain : 5 Penyakit Anjing Yang Paling Mudah Menular Ke Hewan Lain

Page

    Page

      Page