MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

5 Pertolongan Pertama Saat Anjing Dalam Keadaan Darurat Sakit Atau Kecelakaan

5 Pertolongan Pertama Saat Anjing Dalam Keadaan Darurat Sakit Atau Kecelakaan – Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Kita bisa saja menderita kecelakaan yang tak diharapkan sehingga akan membuat terluka, dan terburuknya meninggal dunia. Hal ini pun bisa terjadi pada peliharaan kita seperti kucing atau anjing. Dan kebanyakan kasus seperti ini, mereka sudah mati terlebih dahulu sebelum tiba di tempat dokter. Hal ini tentu tidak lain dan tidak bukan kita sebagai pemilik kurang tahu Bagaimana cara untuk memberikan Pertolongan Pertama pada peliharaan kesayangan kita. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memberikan pertolongan pertama untuk peliharaan kita pada beberapa situasi darurat.

1. Demam

Jika anda melihat kucing atau anjing anda tidak seperti biasanya, mereka lebih pasif, lemas dan gak nafsu makan. Cobalah untuk memeriksa suhu tubuh mereka, kemungkinan besar mereka mengalami demam. Jika termometer menunjukan angka 39 derajat celcius atau lebih berarti peliharaan anda sedang demam. Hal ini harus segera kita tangani karena suhu tubuh yang terlalu tinggi bisa membuat organ dalam anjing menjadi rusak. Jika dokter hewan jaraknya jauh, pertolongan pertama yang harus anda lakukan adalah Dengan mengusap anjing atau kucing dengan kain yang telah dibasahi dengan air. Setelah itu, tempatkanlah mereka di tempat yang ada kipas anginnya namun jangan terlau lama. Selalu cek suhu dari peliharaan kita, jika suhunya sudah turun menuju angka 39 derajat celcius maka berhentilah melakukannya. Jangan pernah memberikan obar penurun Panas untuk anjing atau kucing karena obat tersebut tidak didesain untuk hewan.

2. Berdarah

Anjing anda sangat aktif dan senang sekali bermain? hal ini bisa meningkatkan resiko kecelakaan pada kucing atau anjing anda. Bisa saja mereka jatuh, tersandung hingga membuat mereka berdarah dan tidak sadar. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengendalikan jumlah darah yang keluar dari tubuh anjing atau kucing. Tekan lukanya dengan menggunakan kain bersih atau tisu selama mungkin, selama mereka enggak memberontak. jangan membuka dan menutupnya karena bisa memperlebar luka dari hewan tersebut. Pada saat anda melakukan hal ini anda harus menenangkan peliharaan tersebut. Mengapa? karena sedang merasa kesakitan, hewan tersebut bisa menjadi sangat galak. Jika hewan peliharaan anda mengalami kecelakaan dan mengalami luka dalam, segeralah bawa ke dokter hewan untuk ditangani lebih lanjut.

3. Muntah

Salah satu gejala yang bisa kita amati dengan mudah dari suatu penyakit adalah muntah. Jika peliharaan anda mudah dengan intensitas yang sangat sering mungkin saja dia sedang mengalami penyakit tertentu. Pertolongan pertama yang bisa anda lakukan adalah puasa 6 jam kepada peliharaan anda. jika kucing atau anjing anda tidak lagi muntah, anda bisa memberikan makanan berupa 1-2 ayam atau nasi putih yang hambar. Namun jika hewan tersebut masih saja diare, tidak nafsu makan dan sudah sangat lemah, segera bawa kucing atau anjing ke dokter hewan terdekat. Jika terdapat darah pada muntahan segera hubungi dokter. Jangan gegabah dengan memberikan obat untuk manusia.

4.Luka Bakar

Luka bakar akan sangat menyiksa untuk hewan dan bisa menimbulkan infeksi untuk hewan. Jika luka bakar anjing/ kucing disebabkan karena api atau listrik, anda bisa membasuhnya dengan kain basah. Sedangkan jika Disebabkan karena zat kimia, basuh luka dengan air hangat mengalir selama 15 menit atau lebih. Tanpa adanya dokter, jangan coba coba untuk mencabut bulu atau kulit pada bagian tubuh yang terbakar.

5. Patah Tulang

Patah tulang merupakan luka yang sangat serius yang dialami seekor hewan. Hal ini memang tidak bisa kita tangani. Hal yang harus kita lakukan adalah membuat peliharaan setenang mungkin. Jangan menyentuh bagian yang patah karena akan sangat menyakitkan. Khusus untuk anjing, berikan kain ke mulutnya agar kita terbebas dari gigitan. Anjing lebih suka mengigit saat sedang kesakitan.

Info Perawatan Selain : 5 Pertolongan Pertama Saat Anjing Dalam Keadaan Darurat Sakit Atau Kecelakaan

Page

    Page

      Page