MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

6 Langkah Cara Mengurangi Shedding ( Kerontokan Pada Bulu Anjing )

6 Langkah Cara Mengurangi Shedding ( Kerontokan Pada Bulu Anjing )

Setiap anjing akan mengalami masa shedding atau masa dimana bulu anjing akan rontok agar bulu yang baru bisa tumbuh. Bulu yang rontok tentu akan sangat meresahkan kita karena berserakan dan membuat kita lelah untuk membersihkannya. Hal ini tentu akan membuang waktu dan tenaga. Nah bagi anda yang merasa resah, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kerontokan pada bulu anjing.

1. Pertama

pilihlah sisir yang sesuai dengan jenis bulu anjing milik anda, gunakan sisir tersebut untuk menyisirnya sertiap hari. Sebagai contohnya untuk anjing pomerani kita tidak bisa menggunakan jenis sisir rapat (Fine-tooth comb). Karena sisir tersebut baik digunakan untuk anjing cihuahua. Pada anjing yang memiliki bulu panjang, bulu mereka tidak akan langsung jatuh melainkan nyangkut di bulu lainnya. Untuk membersihkannya kita perlu rutin menyisirnya. Menyisir bulu anjing juga membantu untuk menjatuhkan/ merontokan bulu anjing yang sudah mati.

2. Kedua

Jaga pola makan anjing kesayangan anda, Pastikan anjing menjalani balance diet. Bulu menjadi acuan kesehatan seekor anjing, jadi jika bulu anjing mengalami kerontokan bisa jadi anjing anda sedang memiliki penyakit tertentu/ kekurangan nutrisi. Mulai sekarang berilah anjing anda makanan yang sehat dan bernutrisi.

3. Ketiga

Mandikan aning secara rutin 1-2 kali dalam sebulan, jangan terlalu sering dan juga terlalu jarang. GUnakan shampo yang khusus untuk anjing,
Bilas dan keringkan dengan benar lalu diikuti dengan menyisir bulu. Memandikan anjing akan membantu menghilangkan bulu mati yang ada pada anjing. Dengan demikian bulu yang rontok juga akan berkurang.

4. KeEmpat

Nah jika anjing anda mengalami kerontokan bulu, alangkah baiknya anda juga memeriksakannya ke dokter hewan. Karena kerontokan bulu juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu. Salah satu ciri anjing mengalami masalah adalah sering menggaruk bagian tertentu sehingga bulu menjadi rontok. Hal ini bisa disebabkan karena alergi, parasit atau penyakit. Pengobatan yang tepat terhadap penyakit atau gangguan kesehatan yang menjadi pemicu dapat mengurangi kerontokan bulu anjing.

5. Kelima

Rutinlah membawa anjing kesayangan ke grooming profesional 1-2x dalam sebulan. Bulu anjing memerlukan perawatan yang sangat intensif, terlebih lagi pada anjing yang memiliki bulu panjang. Jenis anjing seperti maltese, old english sheepdog dan poodle bisa sangat sulit untuk menjaga bulunya tetap terawat. Profesional grooming akan sangat membantu mengurangi kerontokan pada anjing kesayangan anda.

Tidak ada caya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kerontokan pada bulu anjing. Yang bisa kita lakukan adalah bagaimana cara untuk mengurangi kerontokan yang terjadi. Jangan sesekali berfikir untuk memotong bulu anjing karena akan berpengaruh terhadap mekanisme tubuhnya. Bulu dalam anjing membantu mempertakankan suhu tubuh.Kunci untuk mencegah kerontokan bulu yang berlebihan adalah dengan melakukan tips-tips diatas secara rutin.

Info Perawatan Selain : 6 Langkah Cara Mengurangi Shedding ( Kerontokan Pada Bulu Anjing )

Page

    Page

      Page