MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

9 Cara Mengobati Penyakit Kulit Pada Anjing Peliharaan Agar Cepat Sembuh

Penyakit kulit pada anjing dan kucing membutuhkan treatment atau pengobatan dalam waktu yang cukup lama. hal ini di karenakan penyakit sudah menyerang dalam waktu yang lama. walaupun kulit mudah regenerasi, namun kulit memiliki lapisan yang tebal serta memiliki sedikit pembuluh darah sehingga pengobatan harus dua arah yaitu secara topical maupun secara keseluruhan.Berikut jenis-jenis obat untuk penyakit kulit anjing maupun kucing :

1.Penggunaan obat topical

Obat tropical merupakan jenis obat yang berbentuk salep,gel,dan lotion. Penggunaan obat topical atau secara lokal biasanya diaplikasikan dengan cara di oleskan langsung pada kulit anjing atau kucing, atau menggunakan shampoo. Obat tropical berfungsi utnuk memperbaiki kulit dan mengurangi aroma kuli bau akibat penyakit.

2.Antibakteri

Jika hewan peliharaan anda terkena penyakit kulit pyoderma anda bisa mengobatinya dengan menggunakan antibakteri. Penggunaan antibakteri atau antibiotic pada kasus pyoderma ini menggunakan antibiotic minum. Waktu pengobatannya selama 4-8 minggu tergantung keparahan penyakitnya.

3.Antifungal

Antifungal merupakan salah satu jenis obat yang di gunakan untuk kulit anjing atau kucing terkena jamur, salah satunya Ringworm. Penggunaan obat antijamur dengan diminumkan dilakukan selama 2-4 minggu. Selain obat yang diminumkan, biasanya di berika obat oles yang mengandung anti jamur seperti ketoconazole.

4.Antiparasitic

Tungau, caplak, dan pinjal akibat yang di hasilkan dari penyakit kulit Ektoparasi. Scabies dan demodecosis merupakan kasus penyakit kulit anjing atau kucing yang termasuk lama dalam pengobatannya. Jika hewan peliharaan anda terserang penyakit itu anda bisa mengobatinya dengan Antiparasitic, dengan cara di di minumkan atau di suntikkan. Selain itu pengobatan secara lokal dengan menggunakan bahan yang mengandung selamectine, milbemycine yang diaplikasikan dengan spot-on atau tetes tengkuk pun dapat menghilangkan caplak, pinjal, bahkan cacing.

5.Antihistamine

Antihistamine merupakan jenis obat yang di gunakan untuk mengobati atau menguranngi kadra histamine pada anjing atau kucing. Histamine merupakan senyawa kimia dalam tubuh yang akan merespon alergi, Gatal, merah, serta meradang.

6.Asam lemak

Asam lemak merupakan komponen penting bagi kulit untuk selalu menjaga keseimbangan kondisi kulit, melembabkan kulit anjing atau kucing sehingga terhindar dari kondisi kulit kering, dan memperbaiki rambut serta kulit anjing atau kucing yang rusak. Asam lemak linoleat (omega 6) dan linolenat(omega 3) tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga perlu di dapatkan suplemen atau vitamin. anda bisamendapatkan dari jenis minyak seperti minyak kelapa, minyak ikan, minyak zaitun, minyak bunga matahari (sunflower oil).

7.Glucocorticoid

Glucocorticoid merupakan jenis obat yang memiliki senyawa baik sebagai antiinflamasi serta mempunyai efek terhadap imunitas atau daya tahan tubuh. Penggunaan glucocorticoid perlu berhati-hati karena penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan penurunan sistem imun pada anjing ataupun kucing Anda. Glucocorticoid salah satu jenis obat yang di gunakan seperti dexamethasone, prednisone, dan prednisolone .

8.Immunomodulator

Immunomodulator merupakan jenis obat yang di gunakan kucing atau anjing untuk memperbaiki kondisi kulit anjing atau kucing. Immunomodulatordapat meningkatkan daya tahan tubuh sangat baik dan dapat digunakan pada penyakit kulit yang diakibatkan oleh reaksi akibat imunitas.

Echinachea merupakan herbal yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas,salah satunya jenisnya Imboost. Pemberian obat ini dapat meningkatkan imunitas dan dapat mneurukan tingkat stress sehingga sel-sel pertahanan dapat berfungsi dengan baik .

9.Shampo

Shampo di bagi menjadi 3 jenis yaitu shampo pembersih,shampo pengobatan,dan shampo antiparasit.

– Shampoo pembersih digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel, dan umumnya di gunakan untuk groming.

– Shampo parasit di pakai untuk mengurang infestasi pinjal pada kulit dan rambut, sebab shampo ini mengandung senyawa anti pinjal.

– Medicated shampoo atau shampoo pengobatan, mengandung antimikroba dan antiseborrhoic. Di dalam shampo pengobatan terdapat Chlorhexidine dan benzyoil peroxide berperan sebagai antimikroba, sedangkan asam salisilat dan sulfur berperan sebagai antiseborrhoic. Pemakaiannya selam 10 menit di diamkan,barulah di bilas. Selama masa pengobatan perlu dilakukan mandi dengan shampoo ini seminggu 2 kali.

 

Info Perawatan Selain : 9 Cara Mengobati Penyakit Kulit Pada Anjing Peliharaan Agar Cepat Sembuh

cara mengobati penyakit kulit pada anjing secara alamicara pemakaiyan obat natural pet antifungal lotionobat alami penyakit kulit anjingobat penyakit kulit pada anjing

Page

    Page

      Page