MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Cara Menyimpan Dry Dog Food ( Makanan Anjing Kering ) Yang Benar Agar Awet

Dog food merupakan jenis makanan anjing yang banyak banyak di gunakan oleh para pemelihara anjing karena kualitasnya yang bagus,bahan-bahannya alami,sehingga baik untuk kesehatan anjing kesayanganga anda. Makanan ini tidak boleh di simpan di tempat yang kedap udara karena dapat menjadi lembab,dan dapat terkena kontaminasi bakteri. Berikut tips cara penyimpanan dog food dan sesuatu hal yang tidak boleh di lakukan atau yang boleh di lakukan :

1.Dog food hanya berlaku yang belum di buka atau masih dalam kondisi segel,artinya anjing boleh mengkonsumsi makanan ini dalam jangka waktu maksimum enam minggu sejak kemasaan di buka.jika setelah 6 minggu masih di konsumsikan maka nilai nutrisinya berkurang.Untuk membantu anda, tulislah tanggal pada kemasan dog food dengan spidol ketika anda membukanya, dan buanglah sisa dog food setelah enam minggu.

2.Simpanlah dog food kering di tempat yang sejuk,dan kering,ingat jangan di simpan di dalam lemari barang karena kondisi ruangan sangat lembab.paling baik dog foof di simpan dalam ruangan kondisi kering dengan temperatur ruangan dari 70 derajat Fahrenheit atau 21 derajat Celcius dan dengan kelembaban kurang dari 15%.Hindari menyimpan dog food kering pada suhu yang berubah-ubah karena menyebabkan pengembunan.jauh lebihbaik menyimpan dalam ruangan ber-AC karena udara diruangan ber-AC lebih kering dan stabil.

3.Berhati-hatilah jika anda menyimpan dog food kering didalam lemari pendingin karena dapat menambah embun saat dog food berada diluar lemari pendingin.jika mamu memberi makan ambilkan secukupnya dan wajib di habiskan dan Keluarkanlah sedikit untuk makanan anjing anda selama beberapa hari.

4.Pastikan jika anda rutin mencuci tempat makan anjing kesayangan anda,pakailah detergen yang ringan dan air panas untuk membersihkannya,pastikan juga tempat makan dalam kondisi kering sebelu anda memberikan makan kembali.jika anda lalai tidak membersihkannya dan terdapat makanan anjing yang sisa serta basi dapat mengkontaminasi makanan anjing yang baru.

5.Pililah tempat penyimpanan dog food yang berupa gelas atau stainless steel dibandingkan dengan wadah plastik,karena dapat mencegah oksigen dan juga kelembaban secara efektif.Banyak podusen dog food premium menggunakan kemasan zip lock pada dog food mereka atau cemilan.Simpanlah cemilan atau dog food tersebut dalam kemasan original dan masukan kemasaan ke dalam wadah penyimpanan.Selalu gunakan wadah kedap udara dan lakukan hal yang sama terhadap cemilan anjing anda.

6.Isilah dog food dalam jumlah kecil dalam dispenser karena dapat mempermudah anda.namun dispenser jika tidak digunakan dengan benar dapat menimbulkan masalah kesehatan terhadap anjing kesayangan anda.Jangan biarkan makanan anjing berada di dalam dispenser dog food untuk jangka waktu yang lama,dan hindarilah kontaminasi dengan cara tidak menambah makanan baru diatas makanan lama.

7.Dog food selalu tersimpan di dalam kemasannya,dan di letakan di ruangan yang kedap udara hal ini bertujuan untuk melindungi butidaran dog food dari oksigen dan kelembaban.

-Perusahaan dog food premium juga menggunakan kemasan yang berkualitas, termasuk penggunaan kemasan anti oksigen yang terbuat dari bahan petroleum,sehingga dapat melindungi dog food dari oksigen dan embun.
-Setelah memberi makan anak anjing anda,dog food di cengkram hingga udara keluar,kemudian lipatlah kemasan bagian atas secara berulang-ulang,dan jepitlah kemasan tersebut dengan karet.
-Kemasan original dog food mengandung barcode, batch code dan tanggal kadarluarsa,hal ini supaya konsumen dapat mengidentifikasi batch dog food,selain itu merupakan informasi penting saat terjadi penarikan kembali dog food anjing.

# Beberapa Hal Yang Di Larang

1.Tidak membeli dog food yang mengandung bahan buatan,ciri-ciri dog food yang mengandung bahan buatan jika di simpan memiliki daya waktu lebih lama bila di bandingkan dengan dog food alami.selai itu dog food yang menggunakan bahan buatan dapat menimbulkan masalah gangguan kesehatan anjing anda.

2.Jangan pernah membuka kemasan dog food kering dalam jangka waktu yang lama dalam suhu yang hangat,lembab dan di bawah sinar matahari.karena dapat memicu tumbuhnya jamur dan menyebabkan lemak menjadi busuk.pastikan juga dog food tidakk terkena air apapun.

3.Jangan pernah memberi dog food yang telah berubah warna dan baunya kepada anjing kesayangan anda,karena dapat menganggu kesehatan anjing anda.ingat jika anda membeli dog food di toko mengalami hal seperti itu segera kemablikan,kemudian hubungi produsen dog food yang menyediakan informasi lengkap dari barcode atau batch code dan juga tanggal kadarluarsa dog food.

4.Jangan pernah membeli dog food berjumlah besar atau cemilan anjing pada wadah atau kemasan terbuka,karena berbahaya bagi kesehatan anjing anda jika di konsumsi seperti mengalami kontaminasi bakteri, nutrisi yang berkurang, kutu,resiko terkena jamur,dan lainnya.

5.Hindari membeli dog food berjumlah besar,lebih baik sesuai dengan kebutuhan anjing anda.pastikan tempat penyimpanan dog food dalam wadah kedap udara.Dog food kering yang belum dibuka dapat bertahan selama empat bulan hingga tiga tahun (tergantung dari produsen,merek,formula,dan ada atau tidaknya pengawet buatan atau pengawet alami yang terkandung di dalam dog food tersebut.

Rata-rata jangka waktu dog food yang belum dibuka dan mengandung pengawet alami adalah satu tahun.jika anda memiliki dog food yang sudah di simpan hingga jangka waktu 1 tahun sebaiknya di ganti yang baru,sebab menyebabkan oksidasi yang signifikan atau masalah pertumbuhan mikroba.

6.Hindarilah dog food dari kutu dan hama lainnya,karena anjing beralergi dengan kutu,dan bisa menyebabkan kutu berkemabng biak pada dog food kering yang mengandung gandum.tyrophagus putrscentiae merupakan jenis kutu yang sering di jumpai.sedangkan kutu jamur tidak ddi ketehui namun dapat berkembang di tempat yang berkelembaban tinggi.

7.Hindari penempatan dispenser dog food langsung pada lantai, sebaiknya dialasi dengan kayu karena kontak langsung dengan lantai dapat membuat dog food menjadi lembab.

8.Jangan menuang dog food secara langsung kedalam wadah penyimpanan karena dapat dapat membahayakan seperti.

– Sisa lemak dan minyak yang berada di dasar dan bagian sisi dari wadah dapat menjadi tengik dan mengkontaminasi dog food yang baru diletakkan kedalamnya
-dapat meningkatkan resiko berkembangnya kutu, jamur dan kontaminasi bakteri sehingga menyebabkan terjadinya keracunan makanan, muntah,diare,dan hal yang lebih buruk.
-Bahan kimia yang berasal dari wadah plastic dapat menyerap kedalam dog food

 

Info Perawatan Selain : Cara Menyimpan Dry Dog Food ( Makanan Anjing Kering ) Yang Benar Agar Awet

Page

    Page

      Page