MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Cara Meyuruh Anjing Menggonggong Menyalak dan Diam Sesuai Perintah

Banyak orang berfikiran jika anjing sudah sering menggonggong tidak perlu dilatih untuk menggonggong. Ketimbang anda membiarkannya mengonggong tidak karuan dan tidak sesuai dengan tempat,lebih jika anda mengajarinya jika anjing menggonggong hanya pada saat anda memberikan isyarat kepada anijing, sehingga anda bisamengontrol kapan dan saatnya yang tepat anjing harus menggonggong. Selain itu metode ini juga membantu anjing anda mengurangi gonggongan yang berlebihan dan tidak sesuai aturan.

Selain mengajarkan command untuk menggonggong, anda juga tentunya harus mengajarkan command untuk diam/tenang. Ada banyak cara berbeda dan bervariasi yang mungkin digunakan oleh para dog trainer dan pemilik anjing, berikut teknik dasar yang biasanya berhasil digunakan pada kebanyakan anjing:

 

1.Pililah Kata untuk anjing menggonggong yang mudah diingat dan digunakan secara konsisten. Misalnya sepak,bark,dan talk. Sedangkan kata yang di gunakan utnuk anjing atau tenang adalah hush,quiet,dan enough.

2.Pertama kita ajarkan dulu command “diam/tenang”. Ketika anjing anda menggonggong, cobalah untuk mencari tahu kira-kira apa sumber yang bisa membuatnya menggonggong. Kemudian, tangkap perhatiannya dengan bertepuk tangan, membunyikan peluit atau suara yang mirip dengan itu.

3.Setelah anjing berhenti menggonggong ,ucapkan command yang anda pilih untuk “diam” misalnya “quiet” dengan suara yang tegas dan terdengar jelas. Jika anjing mengeti apa yang di katakan pelatihnya segera berikan terat atau makanan kesukaannya.

4.Praktekkan command “diam” sesering mungkin. Anda bisa melakukannya setiap kali anjing anda menggonggong, tapi ingat harus dalam sesi yang singkat. Setelah anjing anda terlihat sudah memahami command “diam”, maka anda bisa mulai mengajarkan command “mengonggong”

5. Buatlah situasi yang bisa membuat anjing anda menggonggong. Metode terbaik adalah meminta teman anda membunyikan bel pintu atau mengetuk pintu. saat anjing anda menggonggong, segera katakan command “menggonggong”, misalnya “speak” dengan suara yang jelas dan bersemangat.

6.Setelah anjing anda menggonggong 2-3 kali dalam satu waktu, berikan pujian dan makanan kesukaannya. jangan mengulangi metode ini secara rutin hingga anjing benar-benar mengerti apa yang di katakan pelatihnya.

7. Setelah anjing anda belajar “menggonggong” dan “diam” secara terpisah, sekarang anda bisa menggunakannya secara bersama-sama, yaitu beberapa kali perintahkan untuk menggonggong, kemudian perintahkan untuk diam.

# Tips

1.Ketika anjing melakukan tidakannya dengan benar dan tepat segera berikan treat atau makanan favoritnya,Treat bisa berupa potongan kecil berupa hati ayam atau makanan lezat bagi anjing anda.. Selanjutnya anda membuat anjing merasa harus mematuhi anda sebagai majikan sekaligus instruktur.

2.Sebagian orang memilih untuk mengajarkan command “menggonggong” dulu baru “diam”. Sedangkan sebagian lainnya suka mengajarkan keduanya secara bersamaan. Semuanya tergantung pilihan anda,tingkat kenyamanan anda,kemampuan anjing dalam belajar,dan kepercayaan diri anjing anda. Biasanya anjing cenderung suka menggonggong berlebihan, mungkin perlu belajar command “diam” terlebih dulu.

3.Bersabar dan konsisten. Mengajarkan command ini mungkin bisa membutuhkan beberapa minggu untuk dikuasai bagi beberapa anjing.

4.Jika anda mengajarkan anjing yang masih berusia puppy tunggu sampai dia mengembangkan kemampuan dan keinginannya untuk menggonggong, atau jika tidak dia akan menjadi bingung.

5. Melatih dengan menggunakan Clicker biasanya lebih efektif saat mengajarkan command “menggonggong”/”diam”.

Info Perawatan Selain : Cara Meyuruh Anjing Menggonggong Menyalak dan Diam Sesuai Perintah

cara buat anjing menggongongobat agar anjing menggonggong

Page

    Page

      Page