MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Cegah Penyakit Anjing Sejak Dini Dengan Kenali Gejalanya

Cegah Penyakit Anjing Sejak Dini Dengan Kenali Gejalanya – Menjaga anjing kesayangan agar tetap sehat, aktif, dan seria, adalah impian bagi semua pemilik anjing. Namun banyak juga penyakit yang senantiasa mengintai anjing anda. Penyakit apa saja yang umumnya sering menyerang anjing? Berikut ulasanya.

1. Kennel cough
anjing 1

Infeksi bakteri parainfluenza juga sering disebut dengan tracheobronchitis. Biasaanya tanda-tanda anjing terkena infeksi parainfluenza meliputi demam, kurang nafsu makan, sering batuk, dan sulit bernapas, bisa jadi dia terkena parainfluenza. Hal ini tidak boleh anda biarkan begitu saja karena bisa berakhir pada pneumonia. Anda patut mewaspadai bila anjing anda batuk tidak seperti biasanya dan konsultasikan kepada dokter menganai hal ini.

2. Infeksi telinga

Umumnya penyakit ini sering diderita oleh anjing. Penyebab terjadinya infeksi telinga bisa dikarenakan alergi, bakteri, kutu telinga, atau rambut yang tumbuh di dalam telinga. Tanda-tanda anjing anda terkena infeksi di telinga meliputi anjing anda kerap menggerakan kepalanya berkali-kali, kurang keseimbangan, telinga bau, merah, bengkak, dan sering menggaruk berlebih. Jika pada anjing anda terdapat tanda-tanda di atas, segeralah bawa pergi ke dokter hewan sebelum gejalanya semakin parah.

3. Diare

Jika anjing anda sering mencret/diare yang disertai muntah-muntah, mungkin disebabkan karena masalah pada makanan mereka, stres, atau parasit. Pasca diare ini telah berakhir, anjing anda akan kekurangan cairan dalam tubuh mereka atau dehidrasi sehingga anda pastikan bahwa anjing anda banyak meminum air untuk mengganti cairan yang hilang. Segera periksakan anjing anda ke dokter hewan jika ia muntah lebih dari 12 jam atau diare lebih dari 24 jam.

4. Kutu

Perkembang biakan kutu sangatlah cepat yaitu 1 kutu bisa berkembang biak menjadi 1000 kutu hanya dalam kurun waktu 3 minggu saja. Gejala anjing anda terkena serangan kutu, ia sering menggigit tubuhnya karena gatal, sering menggaruk, bulunya rontok, dan menjilat secara berlebihan. Jika tidak segera diobati, anjing anda bisa berpotensi terkena reaksi alergi, infeksi, dan anemia.

5. Obesitas

Anjing juga bisa mengalami banyak gangguan kesehatan jika tergolong obesitas, sama halnya dengan manusia. Anjing yang terkena obesitas berisiko lebih tinggi terkena masalah pada sendi, penyakit hati, dan diabetes. Sebagai langkah pencegahan sebaiknya anda menerapkan diet yang seimbang, jangan sering memberikan ia camilan, dan ajaklah dia berjalan-jalan atau bergerak bebas.

Info Perawatan Selain : Cegah Penyakit Anjing Sejak Dini Dengan Kenali Gejalanya

Page

    Page

      Page