MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Ciri Tanda Anjing Terkena Rabies Dan Cara Mengobatinya Dengan Cepat

Seseorang yang memelihara anjing di sarankan untuk memberikan suntikan antirabies pada anjing secara berkala, supaya anjing tidak terinfeksi oleh penyakit mematikan. Jika sampai anjing terjangkit virus rabies, dan manusia terkena gigitannya maka akan terserang virus yang sama. Periksalah keadaan anjing secara berkala setiap hari. Jika ada tanda-tanda yang aneh, segara bawa anjing anda ke dokter.

Rabies adalah salah satu virus yang menyerang semua mamalia, termasuk anjing, kucing, bahkan menular ke manusia. Virus ini menyebabkan gangguan otak dan menyerang jaringan sumsum tulang belakang, jika di biarkan tubuh akan mengalami gangguan fungsi, dan kematian.

Setiap tahun sekitar 50.000 manusia meninggal dunia akibat infeksi virus rabies,sedangkan hewan mencapai jutaan ekor. Dari data ini, bahwa rabies adalah virus yang sangat mematikan meski sudah ditemukan vaksin pencegahannya.

# Ciri anjing terkena rabies

Anjing yang terserang rabies memang tidak terlihat langsung, Rabies akan masuk ke dalam tubuh dan tumbuh di lapisan daging selama beberapa saat. Apabila kesehatan anjing tidak begitu baik, virus akan langsung menyebar menuju sum-sum tulang belakang hingga akhirnya menuju otak. Fase ini terjadi antara 1-3 bulan pasca virus masuk ke dalam tabuh. Setelah melewati fase ini anjing akan mati dalam 2-4 hari saja. Berikut fase dan ciri-ciri anjing yang mulai terinfeksi rabies.

A. Fase Prodromal

Sekitar 2-3 hari setelah terinfeksi virus rabies, anjing akan memasuki fase prodromal, Fase ini adalah fase pertama dari virus rabies. Dalam fase ini, anjing akan mengalami gejala seperti :

– Nafsu makan berkurang
– Perubahan nada saat menggonggong
– Suka menggigit tidak jelas ke tempat tertentu
– Tubuh mengalami demam
– Kebiasaan anjing sedikit berubah perlahan-lahan

B. Fase Mad Dog Syndrome

Fase Mad Dog Syndrome merupakan sebuah fase yang mengubah anjing menjadi sangat agresif dan perilakunya sudah di luar batas kewajaran. Misalnya, anjing menggigit tidak jelas. Fase ini akan bertahan cukup lama hingga. Dalam fase ini, anjing memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

– Terobsesi mengkonsumsi makanan walaupun ada benda yang tidak bisa di makan
– Anjing akan selalu menggonggong meski tidak ada apa-apa
– Pupilnya akan terus terbuka dengan lebar
– Kebiasaan anjing jadi tidak konsisten dan cenderung mengalami disorientasi
– Saat berdiri, anjing mulai bergetar hingga terjatuh
– Anjing tidak takut dengan apa pun
– Wajah anjing akan kelihatan dipenuhi kekhawatiran dan waspada berlebihan
– Beberapa bagian tubuh anjing mulai kaku dan susah digerakkan

C. Fase Paralytic

Fase Paralytic atau bias di sebut dengan fase anjing gila, sebab pada fase ini virus sudah mematikan hampir semua sel otak dan jaringan sum-sum tulang belakang. Dalam 2-4 hari anjing akan mengalami kematian. Pada fase ini, anjing yang terjangkit rabies akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

– Semua otot kaku dan anjing tak bisa melakukan apa-apa
– Rahang bawah anjing susah menutup, mulut jadi terus terbuka lebar
– Susah bernapas dan sering sekali tersedak
– Anjing akan terus mengeluarkan liur dalam jumlah yang banyak, bahkan air seni terus keluar tanpa bisa dikontrol

# Penanganan anjing yang terkena rabies

Anjing yang terjangkit rabies biasanya tidak akan terlihat dengan jelas di fase pertama. Jika anda tiba-tiba melihat gejala yang tidak normal,segera bawa anjing ke dokter supaya di periksa. Biasanya dokter memberinya vaksin atau obat ketika anjing didagnosis terkena rabies. Pada fase-fase awal biasanya anjing masih bisa diselamatkan. Namun ketika sudah masuk fase dua dan tiga, harapan anjing untuk hidup akan semakin kecil.

# Pencegahan anjing agar tidak terkena rabies

Di alam bebas, virus rabies bisa menyebar kepada anjing dari hewan apa saja. Biasanya perkelahian antara anjing atau dengan hewan lain menjadi jalan virus rabies untuk menyebar. Pencegahan paling mudah adalah tidak membiarkan anjing berkeliaran selain di luar lingkungan rumah. Saat anjing lepas dan kembali setelah waktu yang cukup lama, segera periksa bagian tubuhnya. Jika sampai ada luka bekas gigitan, maka segara bawa ke dokter hewan.

Info Perawatan Selain : Ciri Tanda Anjing Terkena Rabies Dan Cara Mengobatinya Dengan Cepat

ciri ciri anjing terkena rabiescara mengobati anjing gilacara mengobati anjing gila rabirsciri ciri anjigejala rabies pada anjingpenyebab anjing rabies

Page

    Page

      Page