MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Demodex / Demodectic Mange Pada Anjing – Penyebab dan Cara Mengobatinya

Mange adalah penyakit kulit bersifat parasit yang disebabkan oleh tungau berbentuk mikroskopik atau tidak bisa di lihat secara kasaat mata. Tungau mange di di bagi menjadi 2 jenis yang berbeda yakni mange yang hidup tepat di bawah permukaan kulit, sementara jenis lainnya hidup di dalam folikel rambut. Kedua jenis mange ini menyebabkan penyakit kulit pada anjing anda. Meskipun kedua jenis tungau ini memiliki karakteristik yang sama, ada juga perbedaan penting antara keduanya, sangat penting untuk mengetahui bagi pemelihara hewan anjing karena mereka memiliki penyebab, pengobatan dan prognosis yang berbeda .

# Apa yang menyebabkan Demodectic Mange atau Demodex ?

Demodectic Mange biasa di sebut dengan Demodex atau Red mange. Demodex disebabkan oleh Demodex canis, yaitu parasit yang hidup di dalam folikel bulu anjing. Semua anjing normal memiliki sedikit tungau pada kulit mereka. Selama sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik, tungau ini tidak menyebabkan bahaya.

Demodex akan menyerang anjing yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum berkembang baik, dengan kondisi seperti di manfatkan oleh tungau untuk memperbanyak jumlah tungau kulit. Penyakit ini atau demodex akan sering menyerang pada anjing yang baru berusia kurang dari 12 sampai 18 bulan. Demodex dapat dialami oleh anjing berusia tua karena fungsi sistem kekebalan tubuh menurun bersamaan dengan usia anjing. Walaupun anjing dewasa memiliki memiliki memiliki sistem kekebalan tubuh yang sudah matang atau sudah berkembang baik dapat terserang penyakit ini karena pada saat tertentu sistem kekebalan anjing dewasa juga menurun. Anjing yang mengalami penurunan sistem imun karena sakit atau pengobatan tertentu juga bisa mengalami demodex.

# Apakah demodectic mange atau demodex menular ?

Demodectic mange atau demodex memiliki sifat tidak menular mereka memiliki sistem kerja sendiri yakni menstransmisikan ke anak anjing dari induk mereka selama beberapa hari usia pertama mereka. Karena tungau ditemukan pada hampir semua anjing, sentuhan langsung antara anjing normal dengan anjing yang mengalami demodex tidaklah berbahaya.

# Mengapa ada anjing yang memiliki sistem kekebalan tubuh tidak berkembang ?

Hal ini biasanya di sebabkan oleh perkembangan sistem imun berada di bawah kontrol genetik atau keturunan. Dengan demikian, anjing yang terkena demodex sering kali memiliki bayi-bayi anjing yang juga terkena. jika anda mempunayi anak anjing seperti itu sebaiknay berhati-hati dan memperhatikan perkembangan tungau pada bayi anjing mereka. Karena penyakit ini disebabkan oleh cacat genetik, maka anjing yang memiliki penyakit demodex seharusnya tidak dikembangbiakan lagi, dan begitu juga orangtua dari anjing yang memiliki demodex tidak dikembangbiakan lagi.

# Gejala-gejala demodectic mange atau demodex pada anjing ?

Demodex memiliki dua jenis, yaitu localized demodectic mange (demodex lokal) dan generalized demodectic mange (demodex umum). Gejala-gejala yang pada umumnya muncul:

– Area kulit yang botak akan kelihatan merah dan berkerak.
– Generalized demodectic mange biasanya muncul dengan kondisi penyakit menyebar hampir di seluruh tubuh.
– kerontokan bulu atau kebotakan disekitar mata, moncong dan berbagai area di kepala.
– Localized demodectic mange biasanya muncul dengan sedikit pitak atau botak di sekitar area wajah dan kepala.

Demodex tidak menimbulkan gatal yang parah, meskipun ada luka. Anda mungkin tidak akan melihat anjing anda merasa gatal dan menggaruk dengan berlebihan.

Dokter hewan akan mengorek kulit dalam dan memeriksanya di bawah mikroskop untuk mendiagnosa penyakit ini. Jika ditemukan jumlah tungau demodex yang lebih besar dari pada normal pada sampel kulit yang diambil tadi, maka hasil tersebut mengindikasikan adanya penyakit demodex.

# cara mengobati demodectic mange atau demodex

Pengobatan untuk Demodex lokal biasanya menggunakan obat topikal, shampo dan dips (pengobatan dengan rendaman). Demodex umum (generalized demodectic mange) memerlukan pengobatan dengan dipping (rendaman) yang mengandung Amitraz. Sedangkan area demodex lokal akan sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan yang lebih intensif.

Dip ini harus digunakan dengan ekstra hati-hati. Kebanyakan pengobatan dip ini dilakukan oleh dokter hewan. Jadwal dipping bisa bervariasi tergantung tingkat keparahan mange, tetapi biasanya berkisar antara 5 dan 15 kali dilakukan.

Sebelum melakukan dipping dan mandikan anjing dengan shampo benzoyl peroxide untuk menghilangkan minyak dan kotoran pada kulit harus di lakukan pemotongan bulu anjing terlebih dahulu. Dokter hewan anda akan mengulangi lagi pengambilan sampel kulit setelah 3 atau 4 kali dipping untuk mengetahui apakah populasi tungau berkurang dalam kulit anjing anda. Jika dua kali hasil negatif ditemukan saat pengorekan sampel kulit, maka pengobatan dipping bisa dihentikan.

Dokter hewan biasanya akan merekomendasikan dengan menggunakan obat Ivermectin karena obat ini mudah di gunakan dan hasilnya bia terlihat dalam jangak waktu pendek. Namun yang kurang dari obat ini adalah mematikan populasi tungau demodex hanya bersifat sementara, kemungkinan bisa muncul kembali jika sistem imun lemah .

Selain itu obat ini juga mengandung efek samping bila di gunakan dalam jangka waktu panjang yakni berakibat fatal,dan tidak boleh diberikan kepada anjing yang memiliki kemungkinan reaksi alergi, border collie dan jenis anjing herding lainnya biasanya sangat alergi terhadap Ivermectin (dosis yang rendah bagi anjing lain mungkin bisa menjadi dosis yang terlalu banyak bagi Collie dan bisa menyebabkan efek samping parah seperti lesu, dehidrasi, bahkan kematian. Intinya Ivermectin tidak berbahaya jika digunakan dengan tepat dan bukan dalam jangka waktu yang panjang. Kunci dari penyembuhan Demodex adalah sistem imun yang baik karena jika sistem imun baik, maka tungau (mites) demodex tidak memiliki kesempatan untuk berkembang.

# Pencegahan demodectic mange atau demodex ?

Demodex bukanlah kondisi yang bisa dicegah pada anak-anak anjing, tungau demodex ini didapatkan langsung dari induk ke anak anjing. Jika anak anjing memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum berkembang baik, maka populasi tungau akan semakin banyak dan menyebabkan infeksi. Pengobatan untuk demodex lokal dan demodex umum biasanya cukup berhasil namun jika sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi baik, maka pengobatan akan sulit dilakukan.

Dalam kasus ini, anak anjing dan anjing dewasa akan membutuhkan diagnosa yang lebih jauh dan pengobatan yang lebih kompleks untuk mengatasi disfungsi sistem kekebalan tubuh yang mendasarinya. Jika sistem kekebalan tubuh anjing semakin membaik, maka mange yang dimiliki akan menjadi lebih sedikit.

Info Perawatan Selain : Demodex / Demodectic Mange Pada Anjing – Penyebab dan Cara Mengobatinya

Page

    Page

      Page