MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Fakta Dan Mitos Tentang Suplemen Untuk Kesehatan Anjing Kesayangan

Menurut FDA dan dokter hewan anjing yang sudah menerima makanan yang seimbang vitamin dan mineral, lalu mendapat kelebihan vitamin dan mineral, maka bisa berbahaya bagi anjing . Menurut beberapa ahli juga mengatakan bahwa beberapa suplemen dan vitamin ada yang butuhkan oelh tubuh anjing dan ada yang tidak. Berikut beberapa penejelasan mengenai vitamin dan supelem anjing :

 

1.Apakah anjing membutuhkan suplem atau vitamin ?

Menurut FDA (Food and Drug Administration, sebuah badan pemeriksa produk konsumen di Amerika) mengatakan bahwa kebanyakan anjing sudah menerima makanan lengkap dan seimbang termasuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan dari makanan dog food. Sedangkan anjing yang di berikan asupan makanan buatan sendiri mungkin memerlukan suplemen atau vitamin namun tidak begitu banyak .

Sedangkan menurut pendapat lain dari VetInfo.com menuturkan bahwa dog food tidak menjamin anjing kesayangan anda mendapatkan vitamin dan mineral yang di butuhkan oleh tubuh.Namun banyak radikal bebas yang terdapat pada dog food sehingga bisa menjadi racu dan menyebabkan gangguan kesehatan seperti jantung, arthritis, kanker, dan kejang .

Supelem atau vitamin anjing berbeda-beda kualitasnya tergantung dari bahan pembuatan seperti menggunakan bahan alami tanpa bahan tambahan sehingga baik untuk kesehatan tubuh anjing. Namun ada yang mengandung bahan buatan,gula,filler, yang tidak di butuhkan oleh tubuh anjing sehingga bisa menyebabkan gangguan kesehatan . Intinya tergantung konsumen dalam menentukan sepulem atau vitamin yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anjing.

2.Apakah ada bahaya yang di timbulkan dari vitamin atau suplemen ?

Vitamin di bagi menjadi 2 jenis yaitu vitamin larut dalam air (vitamin B complex, C) dan larut dalam lemak (vitamin A,D,E,K) . Tubuh anjing akan meninggalkan vitmain yang larut dalam lemak namun akan meninggalkan vitmain yang larut dalam air. Jika anjing anda mengkonsumsi vitamin yang tipe larut dalam lemak secara berlebihan maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan tubuh si anjing. Sedangkan jika anjing kelebihan mengkonsumsi vitamin larut air, maka agak sedikit resikonya dibandingkan vitamin larut lemak karena umumnya dikeluarkan oleh tubuh melalui urin.

selain itu efek lain yang di dapat bila sering mendapat suplai kalsium anjing mendapatkan masalah tulang, terutama pada anak anjing jenis ras besar. Kelebihan vitamin D bisa mendorong anjing untuk berhenti makan, membahayakan tulang, dan menyebabkan otot mengalami atrofia. Sedangkan terlalu banyak vitamin A dapat membahayakan pembuluh darah, menyebabkan dehidrasi dan nyeri pada sendi.

3.Apakah berkonsultasi ke dokter hewan sebelum memberikan vitamin ?

Sebelum anda memberikan suplemen atau vuitamin sangat di anjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter hewan,jangan mengambil keputusan sendiri yang bisa meembahayakan kesehatan tubuh anjing anda. contohnya ketika anda melihat kondisi bulu anjing buruk, anda mungkin berpikir untuk memberikan vitamin bulu untuk memperbaiki kesehatan bulu, padahal mungkin yang menjadi penyebabnya adalah masalah kulit, metabolisme atau hormon. Contoh lain anjing terlihat mengalami gejala seperti arthritis dan bagian tubuh belakang lemah, bisa jadi gejal tersebut bukan arthritis melainkan masalah syaraf.

Selain itu beberapa suplemen atau vitamin bisa berbenturan berinteraksi dengan obat-obat yang mungkin sedang dikonsumsi oleh anjing. Dengan adanya berkonsultasi kita juga mengetahui apakah anjing membutuhkan suplemen/vitamin atau tidak . Sebenarnya jika anjing kesayangan anda mengkonsumsi asupan makanan yang lengkap nutrisinya,seimbang,dan anjing dalam keadaan sehat tidak perlu membutuhkan vitamin. Hanya di berikan nutrisi tambahan alami dari buah-buahan dan sayuran yang boleh di konsumsi oleh anjing.

4.Apakah suplemen itu manjur ?

Menurut para dokter hewan,tergantung jenis suplemen yang di gunakan,bahan pembuatan dan kulaitas suplemen tersebut. Namun dalam uji kiliniks sulit di ketehui apakah suplemen memang manjur atau tidak. Misalnya memberikan suplemen Glucosamine-chondroitin, secara umum suplemen ini hanya di konsumsi oleh anjing penyidap osteoarthritis. Sebuah studi pada tahun 2007 membulikasikan pada jurnal kedokteran hewan dan menyimpulkan bahwa anjing yang diberikan suplemen Glucosamine-chondroitin menunjukkan rasa sakit sedikit berkurang dan lebih banyak mobilitas setelah 70 hari pengobatan .

Suplemen jenis Fatty acids/asam lemak dapat membantu membuat bulu anjing terlihat lebih baik, suplemen ikan bisa membantu mengurangi peradangan, Antioksidan seperti Vit C dan E juga mengurangi peradangan dan membantu penuaan anjing dengan masalah ingatan. Namun perlu hati-hati untuk penggunaan jangka panjang suplemen, terutama untuk anjing muda yang mungkin mengkonsumsi suplemen nutrisi selama bertahun-tahun karena hampir tidak ada satupun dari suplemen yang telah diuji apakah aman digunakan dalam jangka panjang bagi anjing.

5.Suplemen apa yang ada dalam dogfood ?

Periksa label pada dogfood untuk melihat berapa banyak bahan yang dikandungnya. Beberapa dogfood anjing dewasa mengandung glukosamin atau kondroitin namun mungkin jumlahnya terbatas. Ada dogfood yang mungkin mengandung herbal/botanical, seperti cranberry untuk mencegah infeksi saluran kemih atau DHA untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak anjing.

Info Perawatan Selain : Fakta Dan Mitos Tentang Suplemen Untuk Kesehatan Anjing Kesayangan

Page

    Page

      Page