MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Heat Stroke Pada Anjing – Gejala, Terapi dan Cara Mencegahnya

Cara Menghindari Heat Stroke Pada Anjing Kesayangan Anda

Anjing tidak dapat mengatur pengeluaran panas tubuh mereka melalui berkeringat seperti halnya manusia, karena hanya memiliki sejumlah kelenjar yang kecil pada footpadt (tapak kaki) mereka. Namun secara fisiologis, pengaturan panas tubuh pada anjing dilakukan dengan cara menjulurkan lidahnya. Sayangnya mekanisme ini tidak lebih efektif daripada manusia yang dapat mengalokasikan 70% pengeluaran panas tubuh melalui kelenjar keringat. Inilah yang mengakibatkan panas tubuh pada anjing lebih cepat meningkat daripada manusia sehingga anjing lebih mudah mengalami hyperthermia (suhu tubuh tinggi) yang berlanjut bisa menimbulkan heat stroke.

Hyperthermia bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya panas terik matahari, exercise (latihan), ketebalan bulu anjing, obesitas, keterbatasan persediaan air minum, penyakit, bahkan temperamen anjing itu sendiri apakah bersifat tenang ataupun terlalu excited. Tak jarang jenis anjing yang sering mengalami hyperthermia adalah ras tipe brachycephalic (moncong pendek) seperti pug, buldog, dan pekingnese.

Pada anjing yang normal, suhu tubuh mereka berkisar antara 38-39.2 derajat celcius. Kondisi hyperthermia inilah bila suhu tubuh di atas 39.5 derajat celcius yang dapat diakibatkan oleh beberapa faktor baik karena faktor fisiologis seperti exercise dan suhu lingkungan, maupun karena faktor patologis seperti terdapatnya penyakit. Biasanya hyperthermia fisiologis dapat berlanjut menjadi heat stroke jika suhu tubuh anjing anda mencapai 41 derajat celcius. Hal ini akan membuat anjing tidak dapat menyeimbangkan kecepatan pengeluaran panas tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap normal sehingga dapat menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak dan akan mengakibatkan terjadinya dehidrasi. Bahkan yang lebih parahnya lagi jika suhu tubuh mencapai 42.7 derajat celcius maka akan menyebabkan kematian pada sel-sel hati, otak, dan intestinal hingga berdampak pada kematian.

Umumnya kasus heat stroke bisa dikarenakan faktor kelalaian pemilik hewan seperti menempatkan anjing di halaman rumah saat cuaca panas tanpa akses air minum, meningglkan anjing dalam mobil tanpa diberi ventilasi yang cukup saat cuaca panas, bahkan exercise berlebihan pada saat cuaca panas.

Heat stroke bisa berlangsung sangat cepat. Bila anda mencurigai anjing anda terkena heat stroke maka anda perlu mengtahui pertolongan pertama yang dapat dilakukan.

Gejala

* panting (pernafasan cepat)
* kulit tubuh terasa hangat dan kering
* membran mukosa terlihat pucat
* saliva (liur) mengental dan muntah
* sempoyongan * diare
* lemas hingga tak sadarkan diri
* koma.

Terapi

Untuk menangani heat stroke, yang perlu anda lakukan ialah menurunkan suhu tubuh anjing ke suhu normalnya. Caranya: pindahkanlah anjing anda ke ruangan yang ber AC, mengompres tubuh anjing dengan air dingin terutama pada bagian kepala, perut, dan kaki, untuk anjing yang berbulu tebal anda bisa mengguyur tubuhnya dengan air dingin, lakukan pemijatan tubuh terutama pada bagian kaki untuk melancarkan aliran darah hingga melakukan aneme (memasukkan air dingin melalui anus). Anda tidak dianjurkan menggunakan ice sebagai medianya karena bisa mengakibatkan terjadinya overcooling (penurunan suhu secara ekstrem).

Segeralah bawa anjing anda ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan dan pemberian obat-obatan yang bisa mencegah kerusakan organ serta memonitor keadaannya hingga kondisinya stabil. Bila kondisi anjing anda telah stabil, mungkin akan diperlukan terapi lanjutan sesuai dengan kondisinya.

Pencegahan

* Walaupun hanya sebentar, jangan meninggalkan anjing anda dalam mobil yang diparkir
* Bila anda membawa anjing ke taman, carilah tempat yang teduh dan sediakan anjing anda air yang cukup
* Bila anjing anda di rantai, maka pastikan rantainya panjang yang bisa menjangkau tempat air minumnya.
* Pastikan tempat minum anjing anda tidak mudah terbalik atau stabil
* Pada saat musim kemarau, sebaiknya dicukur pendek bila berbulu tebal.
* Tidak dianjurkan bagi anda untuk melatih anjing di saat cuacanya sedang panas.

Info Perawatan Selain : Heat Stroke Pada Anjing – Gejala, Terapi dan Cara Mencegahnya

Page

    Page

      Page