MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Katarak Pada Anjing – Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobatinya

Katarak Pada Anjing – Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobatinya

Apa itu Katarak?

Katarak ialah penyakit mata yang ditimbulkan akibat terjadinya kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan penglihatan menjadi buram atau rabun. Memang ukuran katarak yang kecil tidak terlalu mengganggu penglihatan, namun anda harus sering mengeceknya karena bila katarak tersebut semakin tebal maka akan menyebabkan mata mengalami kebutaan.

Apa Penyebab Katarak?

Katarak bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti usia tua, trauma pada mata, penyakit, bahkan faktor keturunan penyabab yang paling umum terjadi. Katarak karena faktor keturunan bisa muncul ketika anjing berusia sangat muda antara 1-3 tahun. Selain itu, diabetes juga faktor yang sering dikaitkan penyebab terjadinya katarak.

Bagaimana cara mengetahui apakah anjing saya mengalami Katarak?

Anda dapat melihat pada bagian matanya apakah terlihat keruh atau berwarna abu-abu kebiruan, jika memang demikian anda harus memeriksakannya ke pada dokter hewan. Namun, anda harus mengetahui juga bahwa semakin tua umur anjing maka lensa matanya juga dapat menjadi keruh atau abu-abu. Inilah yang disebut dengan nuclear sclerosis, tapi kondisi ini tidak terlalu berbahaya daripada katarak dan pengobatanpun tidak selalu dianjurkan.

Apa yang terjadi jika Katarak tidak diobati?

Bila katarak tidak diobati, maka akan keluar dari jaringan yang menahannya sehingga kekeruhan akan dengan bebas mengapung di sekitar mata dan menyumbat saluran cairan pada mata. Kondisi inilah yang menyebabkan glukoma yang dapat menyebabkan kebutaan permanen. Selain itu katarak juga bisa menyebabkan peradangan mata sehingga mata akan terasa menyakitkan.

Anjing apa yang rentan terhadap Katarak?

Semua jenis anjing dari segala usia dan ras dapat mengalami katarak, namun katarak banyak dialami pada anjing jenis cocker spaniel, poodle, miniature schnauzer, terrier dan golden retriever. Anjing dengan diabetes juga rentan terhadap katarak.

Bagaimana Katarak didiagnosis?

Periksakanlah kepada dokter hewan apakah anjing anda mengalami katarak atau kondisi lainnya yang menyebabkan buram dan keruh pada matanya. Bila didiagnosis katarak, maka anda perlu pemeriksan lebih lanjut untuk mengetahui tingkat keparahan katarak dan langkah apa yang harus di perbuat untuk mengobati katarak tersebut.

Bagaimana saya membantu mempertahankan penglihatan anjing saya?

Tak jarang kasus katarak tidak dapat dicegah, namun jika katarak yang disebabkan oleh kondisi medis seperti diabetes anda masih bisa mempertahankan penglihatannya dengan langkah sebagai berikut.

* Lakukan pemeriksaan mata secara berkala
* Jika anda mendapati matanya keruh atau berwarna abu kebiruan maka periksakan anjing anda ke dokter hewan.
* Jika anda mencurigai bahwa anjing anda mengalami gangguan penglihatan maka periksakan segera anjing anda kepada dokter hewan.
* Karena katarak sering kali dikaitkan dengan faktor keturunan maka sebisa mungkin anda cari tau riwayat medis dari orang tua si anjing tersebut.
* Anda patut mewaspadai terhadap kondisi yang bisa menyebabkan katarak seperti trauma mata atau diabetes.

Bagaimana Katarak diobati?

Memang katarak dapat disembuhkan dengan melakukan operasi, namun bisa membuat penglihatannya menghilang. Ketika operasi, lensa yang buram akan diganti dengan lensa plastik atau lensa akrilik. Tingkat keberhasilah ketika operasi katarak memang besar, namun dokter hewan perlu memastikan apakah anjing anda merupakan kandidat operasi yang baik atau bukan. Setelah operasi, anjing anda juga membutuhkan perawatan secara ekstensif.

Penting: Jika anjing anda mengalami katarak karena kondisi medis seperti diabetes, maka dengan mengobati diabetes tersebut mampu mengurangi kemungkinan berkembangnya katarak.

Bagaimana saya merawat anjing saya pasca operasi?

Pasca operasi, anjing anda disarankan menggunakan Elizabethan collar atau Cone of shame collar sampai keadaan matanya kembali bisa melihat/sembuh. Untuk itu, buatlah anjing anda tetap santai di lingkungan yang tenang serta berilah ia obat tetes mata beberapa kali dalam sehari dalam beberapa minggu.

Info Perawatan Selain : Katarak Pada Anjing – Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobatinya

Page

    Page

      Page