MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Panduan Cara Memberikan Obat Pada Anjing Yang Sakit Agar Cepat Sembuh

Anjing yang tidak sakit sebenarnya membutuhkan vitamin atau obat cacing selama 3 bulan sekali secara teratur,supaya dapat mencegah penyakit berbahaya. Terlebih lagi bagi anjing anda yang memiliki nafsu makan tinggi sangat akan sangat mudah diberikan obat. Tinggal menaruh obat pada tempat makan anjing supaya kemakan bersama. Namun akan sebaliknya jika anjing yang memiliki nafsu makan rendah yakni akan sulit memberikan obat walaupun obat tersebut di berikan perasa supaya anjing mau mengkonsumsinya. Berikut beberapa tips bagaimana memberikan obat pada anjing dengan mudah :

A. Mencampur obat dalam makanan

Jika anda memiliki aning dengan nafsu makan tinggi maka tinggal menghaluskan pil obat arau mencampur sirup pada makanan anjing tersebut. Namun jika anjing anda memiliki nafsu makan rendah maka anda menyisipkan pil obat pada daging mentah atau matang supaya kemakan bersama. Pencah pil menjadi beberapa bagian jika menapat pil besar supaya mempermudah pemberian obat, sedangkan obat yang berbentuk sirup sebaiknya di campur dengan makanan seperti dog food kaleng atau membuat sendiri dengan burger,sosis supaya aorma obat tidak tercium. Jika obat yang terasa pahit bisa di tambahkan sedikit madu. Cara pemakaiannya,hancurkan pil sampai halus, taruhkan pil di tempat makan namun dalam kondisi kering, campurkan serbuk obat dengan air agar larut.

B.Pemberian obat secara paksa

Jika anda sudah melakukan cara di atas tapi tidak berhasil anda bisa menggunakan cara selanjutnya yakni pemaksaan.

– Kedua tangan memegangi mulut anjing,tangan kiri megang bagian atas, tangan kanan sebaliknya sambil memegang obat yang akan di berikan. Sisipkan jari di antara rahang supaya mempermudah membuka mulut anjing. Jika anda kesusahan anda bisa meminta bantuan teman.

– Tekan bagian tengah rahang atas sambil menarik ke atas, masukkan jari jempol anda di antara gigi taring dan gigi geraham untuk menahan mulut anjing supaya tetap terbuka. Masukkan pil di bagian mulut dekat kerongkongan dengan di lempar atau dimasukan dengan tangan .

– Posisikan pil di atas lidah dekat kerongkongan,kemudian lepas tangan anda yang menutup mulut anjing. Tahan beberapa saat hingga anjing menelannya dan mengeluarkan lidah beberapa kali.

– Berikan minuman dan pujian supaya anjing tidak merasa stres setelah di paksa minum obat.

C.Pemberian obat cair

Jika obatnay pahit sebaiknya di tambahkan dengan madu supaya anjing menyukainya dan tidak merasa curiga. Menurut drh.Agus Wardhana, obat berbentuk sirup sebaiknya di encerkan terlebih dahulu supaya lebih mudah di telan oleh anjing.

– Gunakan suntik namun tidak ada jarumnya,masukkan cairan obat ke dalamnya supaya pemberian obat lebih mudah.

– Tidak masalah jika mulut anjing tetap tertutup,tinggal masukan jari jempo, tangan kiri di bagian paling belakang rahang . Kemudian selipkan suntik ke mulutnya,secara perlahan supaya anjing tidak merasa terdesak dan anjing akan mejilat obat yang memiliki rasa manis.

– Jika sudah berikan makanan ringan kesukaan dan minuman,supaya pemberian obat selanjutnya anjig merasa tenang dan senang.

D.Catatan

– Biasakan membuka mulut anjing sejak usia dini supaya anjing terbiasa dan tidak sulit ketika akan di berikan obat

– Pilihlah obat yang di buat khsusus utnuk anjing supaya obat memiliki rasa yang di sukai anjing.

Info Perawatan Selain : Panduan Cara Memberikan Obat Pada Anjing Yang Sakit Agar Cepat Sembuh

Page

    Page

      Page