MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Penyebab Bulu Anjing Rontok dan Solusi Cara Mengatasinya Yang Ampuh

Penyebab Bulu Anjing Rontok dan Solusi Mengatasinya

Kepribadian seseorang bisa kita lihat dari cara ia memelihara hewan kesayangan mereka. Salah satunya adalah anjing, setiap majikan tentu menginginkan peliharaan mereka memiliki bulu yang indah. Tidak hanya untuk majikannya, bulu juga menjadi jati diri bagi ras anjing berbulu. Kita bisa mengamati hal ini pada saat anjing mengalami shadding atau masa merontokan bulu, mereka akan cenderung pasif dan jarang sekali bermain atau beraktifitas ke luar rumah. Hal ini mereka lakukan karena mereka merasa malu jika berjumpa dengan anjing lainnya. Hal demikian pun juga terjadi di alam liar, sebagai contohnya siberian husky, mereka akan istirahat pada saat mengalami shedding dan hanya akan berburu pada saat perubahan iklim terjadi. Hal ini dilakukannya karena shedding terjadi pada musim semi.

Namun ada juga kejadian dimana bulu yang rontok terlalu banyak sehingga membuat anjing menjadi tampak seperti botak. Ini bukanlah sesuatu yang wajar dan anda harus mencari tahu penyebabnya. Dengan begitu kita bisa mengobati serta mencegah hal ini agar tidak terjadi pada hewan kesayangan. lalu Apa saja faktor yang mempengaruhi kerontokan bulu anjing?
Berikut adalah beberapa faktor penyebab bulu anjing rontok dan bagaimana cara mengatasi kerontokan bulu itu.

Penyebab bulu anjing rontok

– Shedding

Seperti yang sudah tertera diatas, Anjing akan merontokkan bulunya sendiri pada waktu tertentu. Hal ini biasanya dilakukan anjing yang berasal dari daerah dingin. tubuh mereka sanat sensitif terhadap suhu, nah untuk menyesuaikan diri mereka akan merontokan bulu mereka. Anak anjing pun akan melakukan hal yang sama, Pada umumnya mereka akan mengalami shedding pada saat usianya 4-6 bulan. Namun ada juga jenis anjing yang baru akan mengalami shedding pada saat usianya sudah mencapai 2 tahun.

– Kutu Dan Tungau

Tungau dan juga kutu menjadi wabah yang sangat menganggu untuk semua hewan peliharaan. hewan berbulu seperti kucing dan anjing memang sangat rentan terhadap kutu maupun tungau. kutu dan tungau seringkali bertempat di perabotan rumah atau diluar yang mengandung unsur kayu. Sedangkan kita tahu kalau hewan peliharaan itu senang dan sangat aktif bermain diluar maupun didalam rumah. Jika sudah terkena kutu, mereka akan terus mengaruk dan mengaruk karena tidak tahan dengan gatal yang ditimbulkan kutu. Akhirnya bulu mereka akan menjadi rontok dan bahayanya lagi kalau kuku anjing panjang dan membuat luka.

– Stress

Pada saat stress anjing akan sering menjilati tubuhnya untuk membuat diri mereka relax. Namun hal ini juga akan menimbulkan dampak rontoknya bulu anjing. selain itu, kebiasaan menjilati bulu jika akan membuat mereka mengalami radang kulit.

– Alergi

setiap anjing memiliki daya tahan tubuh yang berbeda beda. Termasuk dalam hal makanan, setiap anjing memiliki kecocokannya masing masing terhadap makanan tertentu. Dan hal ini mungkin hanya bisa diketahui oleh pemiliknya sendiri. dan jika mereka tidak cocok dengan makanan yang kita berikan bukan tidak mungkin mereka akan mengalami alergi seperti gatal gatal. Karena tidak tahan tentu mereka akan mengaruk badan mereka dan menyebabkan bulu mereka rontok.

– Collar dan Aksesoris

Collar dan beberapa aksesoris juga bisa menyebabkan kerontokan bulu anjing. Bisa saja mereka merasa tidak nyaman karena collar yang terlalu kencang dan mencekok, akhirnya bulu pada bagian lehernya menjadi rontok. Belum lagi banyak collar yang terbuat dari bahan yang tidak aman seperti plastik sehingga mereka akan terkena alergi.

Solusi mengatasi kerontokan bulu anjing

# Makanan Bernutrisi

Hal termudah yang bisa kita lakukan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Dengan asupan nutrisi yang cukup maka bullu anjing akan tubuh dengan baik dan cepat. Namun hal yang membuat hal ini menjadi sulit adalah produk dogfood yang banyak beredar dipasaran seringkali tidak berkualitas dan dijual dengan harga yang murah untuk memikat hati para pelanggan. Daripada anda membeli barang seperti ini, lebih baik menyisihkan uang dan membeli yang berkualitas. Untuk menjaga kesehatan kulit, anjing memerlukan beberapa nutrisi seperti omega 3 dan 6. Untuk menambah efektif hal ini anda juga bisa memberikan tambahan berupa suplemen dan vitamin untuk anjing.

# Quality grooming

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan perawatan anjing dengan benar. Jika kita baik dalam merawat anjing tentu hama seperti tungau dan kutu tidak akan bertempat di bulu anjing. Rutinlah untuk memandikan anjing dengan shampo anti kutu, Sering memotong kuku anjing, dan jika pada saat anjing anda sedang mengalami shedding gunakanlah sisir untuk membuang bulu matinya.

# Obat Kutu

Kerontokan bulu anjing seringkali disebabkan karena gatal, dan gatal disebabkan karena adanya kutu. Oleh karena itu hal yang harus kita basmi adalah kutunya. Gunakanlah obat kutu yang aman untuk anjing jika anda tidak mau menyesal. Anda juga bisa menghilangkan kutu dengan cara tradisional.

Info Perawatan Selain : Penyebab Bulu Anjing Rontok dan Solusi Cara Mengatasinya Yang Ampuh

cara menyembuhkan bulu anjing rontokobat tradisional bulu anjing rontokwww solusi bulu anjing yg gk tumbuh com

Page

    Page

      Page