MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Cacing Jantung ( Heart worm ) Pada Anjing

Heartworm merupakan penyakit cacing pada ajning yang di sebabkan oleh parasit cacing. Penyakit cacing jantung atau diroflaria immits merupakan penyakit yang berkembang biak di organ jantung, namun jenis penyakit ini juga bisa menyerang bagian organ lain seperti organ hati,ginjal,dan paru-paru.

Anjing yang terkena penyakit Heartworm penyebab utamanya adalah gigitan nyamuk Anopheles sp dan Culex sp yang menginfeksi larva cacing jantung. Cara nyamuk ini menularakan virus ini dengan di sebarkan ke bagian jantung,dan ginjal pada saat nyamuk menghisap darah anjing. Virus ini juga akan berkembang biak daan menjadi dewasa.

Penyakit Heartworm salah satu jenis penyakit anjing yang berbahay karena dapat merusak organ dalam seperti jantung,paru-paru,dan ginjal yang bisa menimbulkan kematian jika sudah parah. Sistem sirkulasi darah di dalam jantung yang menuju seluuh tubuh,peredaran darah,dan organ dalam lainnya terganggu oleh jumlah cacing yang banyak,sehingga menyebabkan sirkulasi darah tersumbat atau sindrom caval.

 

A.Penyebab Penyakit

– Kesulitan bernafas
– Menurunnya nafsu makan dan minum
– Anemia
– Berkurangnya berat badan
– Batuk
– Kematian mendadak
– Tidak adanya gejala jika mikroflaria tidak di temukan dalam darah
– parasit cacing jantung Diroflaria

B.Diagnosa

– Di lihat dari sejarah kejadian penyakitnya
– Pemeriksaan feses
– Pemeriksaan darah untuk mendeteksi mikroflaria dalam darah
– Pemeriksaan X-ray dan USG untuk melihat keruskan organ
– berdasarkan pemeriksaan fisik

C.Pengobatan

– Keberhasilan terapi jantung pada tingkat keparahan atau kerusakan organ yang terserang penyakit
– Menggunakan Thiacertasamida ( preparat arsena ) berdosis 0,2 ml/kg bb yang terbagi atas 2 dosis di berikan secara intravena selama waktu 2-3 hari. Setelah 6 minggu pengobatan biasanya akan di lanjutkan menggunakan obat Levamizol HCl 10 mg/kg bb perhari selama waktu 15 hari untuk membunuh mikroflaria.
– Menggunakan obat golongan ivermectin yang tidak boleh di konsumsi anjing coli.
-Setelah 12 minggu pengobatan,kemudian di lakukan tes Heartworm untuk emmastikan jika infeksi benar-benar hilang. Secara umum 6-8 minggu bulan setelah yang pertama seri pengobatan perlu di ulang jika gagal.

D.Pencegahan

– Kontrol pengendalian nyamuk Anopheles dan Culek yang merupakan faktor pembawa utama mikroflaria yang menyebabkan penyakit cacing hati
– Pemberian obat cacing broad spektrum setiap 3-4 bulan sekali.

Info Perawatan Selain : Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Cacing Jantung ( Heart worm ) Pada Anjing

Page

    Page

      Page