MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Kanker Pada Anjing Peliharaan

Kanker adalah jenis penyakit dimana sel-sel tumbuh tidak terkendali, menyerang jaringan di sekitarnya dan bisa menyebar ke seluruh area tubuh. Penyakit ini bisa localized (hanya satu area, seperti tumor) atau generalized (menyebar ke seluruh tubuh). Kanker adalah penyakit yang memiliki berbagai macam faktor seperti :

# Gejala-gejala kanker

– kolaps atau pincang tiba-tiba
– Kotoran/pup berwarna hitam mengandung darah
– Penurunan atau hilangnya nafsu makan
– Pembengkakan
– Luka yang tidak sembuh-sembuh
– Lesu atau tidak bergairah
– Kesulitan bernapas, buang air kecil atau buang air besar
– Benjolan (yang tidak selalu ganas, tetapi harus selalu diperiksa oleh dokter)
– Penurunan berat badan yang drastis
– Cairan abnormal seperti darah, nanah, muntah, diare atau zat abnormal lainnya
– Bau napas atau bau mulut yang tidak biasa

# Bagaimana kanker didiagnosis ?

Jika terdapat benjolan di anjing anda,segera bawa ke dokter supaya mendapat penanganan, biasanya dengan biopsi jarum untuk mengambil sampel jaringan yang sangat kecil. Sebagai pilihan, operasi dapat dilakukan untuk mengeluarkan semua atau sebagian dari benjolan untuk didiagnosis oleh ahli patologi. Radiografi, USG, evaluasi darah dan tes diagnostik lainnya dapat membantu dalam menentukan apakah kanker baru muncul atau sudah menyebar.

# Bagaimana mencegah kanker ?

Perawatan mulut yang baik bisa membantu memperkecil kemungkinan kanker mulut.Untuk kanker payudara anjing betina dengan mensteril (spay) anjing sebelum siklus menstruasi pertamanya untuk mencegah terkena kanker. Jika anda memelihara anjing ras,cek keturunan terlebih dahulu apakah memiliki kecenderungan terhadap kanker tertentu. Tetapi secara keseluruhan, pencegahan kanker sangat sulit karena kita tidak tahu pasti penyebab kanker. Akan lebih baik, jika kita bisa mengindentifikasi lebih dini dan mengobati segera anjing yang terkena kanker.

# Anjing apa yang rentan terhadap kanker ?

Boxer, Boston terrier dan Golden retriever adalah jenis anjing ras yang paling sering mengembangkan tumor sel mastosit (mast cell tumor). Ras besar seperti Great danes dan Saint bernard lebih cenderung menderita kanker tulang daripada ras kecil. Anjing usia tua lebih cenderung terkena penyakit kanker bila di bandingkan dengan anjing mudah.

# Bagaimana mengobati kanker ?

Pengobatan umumnya meliputi operasi, kemoterapi, radiasi dan imunoterapi. Keberhasilan pengobatan tergantung pada tingkatan kanker, penyebaran kanker,jenis kanker, dan agresifitas terapi. Sebagian pemilihara anjing memilih melakukan terapi paliatif (terapi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien penderita dan bukan menyembuhkan tetapi hanya mengurangi keluhan dan gejala dari penyakitnya). Beberapa kanker bisa disembuhkan dan tidak dapat disembuhkan,tergantung tingkatan kanker,dan kesigapan pemilik anjingnya. Jangan lupa bahwa nutrisi yang baik dan kasih sayang yang diberikan dari semua anggota keluarga dapat meningkatkan kualitas hidup anjing anda.

Info Perawatan Selain : Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobati Kanker Pada Anjing Peliharaan

cara mengatasi tumor pada anjingpenyebab penyakit tumor payudara pada anjingpenyebab tumor pada anjing

Page

    Page

      Page