MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Penyebab Induk Anjing Yang Menolak Bayinya Setelah Melahirkan

Penyebab Induk Anjing Yang Menolak Bayinya Setelah Melahirkan – Pernahkah anda melihat seekor induk anjing yang tidak mau menerima anaknya? bagi anda yang memiliki peliharaan yang satu ini mungkin saja sudah pernah menjumpainya.Hal ini akan membuat kita kerepotan karena kita yang harus merawatnya. Namun pernahkah anda berfikir kenapa induk tersebut menolak anaknya sendiri. Induk anjing tentu melakukan hal tersebut bukan tanpa sebab. lalu apa saja yang membuat induk anjing melakukan hal tersebut?
Berikut adalah 4 penyebab induk anjing menolak anaknya

 

# Bayi Anjing Sakit

Anjing bisa saja memiliki penyakit baik itu karena cacat bawaan, penyakit turunan maupun infeksi bakteri atau virus. Sebagai seorang ibu, induk anjing akan berhenti menyusui anaknya yang gagal berkembang dan dirasa tidak bisa bertahan. Nah jika anda menjumpai anak anjing yang didorong dorong menjauh dari induknya. Cepat cepatlah membawa anak anjing tersebut ke dokter agar bisa tertolong. Dengan begitu anak anjing akan mendapatkan perawatan dan terselamatkan.

# Naluri Keibuan

Anjing yang melahirkan dalam usia yang masih muda belum terlalu memiliki naluri keibuan yang baik. Terlebih lagi jika anjing tersebut melahirkan dengan cara operasi caesar. Mengapa naluri keibuannya belum ada? karena hormon oxytocin dalam anjing sangat sedikit sekali, hormon ini adalah hormon yang difungsikan agar anjing memiliki naluri keibuan. Nah tanpa adanya hormon ini anjing akan menolak anaknya, bahkan bisa saja menjadi agrasif terhadap anak anaknya. nah kalau sudah begini, hal yang bisa anda lakukan adalah merawat anak anjing tersebut sendiri. Sebagai penganti asi anda bisa memberikan susu formila, sedangkan anda bisa menggunakan heatingpad yang disetel rendah untuk menjaga suhu tubuh anak anjing, jangan lupa untuk menutupinya dengan selimut atau handuk tebal.

# Kesehatan Induk

Pada saat sakit, induk anjing akan kehilangan tenaga dan lebih cenderung akan menolak anak anaknya. induk yang barusaja melahirkan dan sedang menyusui anaknya memang sangat rentan terhadap penyakit. salah satunya adalah mastitis, yaitu infeksi kelenjar susu yang timbul karena menyusui. Bahkah ada juga anjing yang mengalaim komplikasi pasca kelahiran seperti Meritis atau infeksi rahim. beberapa ciri dari induk anjing yang sedang mengalami sakit adalah induk anjing kelihatan lesu, tidak mau makan, demam atau keluar cairan nanah pada vagina atau putingnya. Segera bawa induk tersebut ke dokter untuk dirawat dengan baik.

# Induk Kewalahan

Biasanya anjing akan melahirkan dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh karena itu indukan akan sangat kewalahan mengurus anaknya sehingga harus mengabaikan beberapa anaknya. kalau sudah begini anda harus merawat anjing yang ditolak tadi dengan cara memberinya susu, tepat yang tenang dan nyaman. Untuk induknya, berikan makanan yang mengandung protein dan lemak lebih banyak jika dibandingkan dog food biasanya. dengan begitu tenaga induk juga akan bertambah untuk merawat anak anaknya.

Info Perawatan Selain : Penyebab Induk Anjing Yang Menolak Bayinya Setelah Melahirkan

Page

    Page

      Page