MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Penyebab Penyakit Kulit Botak Pitak Pada Anjing ( Alopecia )

Bulu rontok merupakan hal yang normal bagi anjing, nmaun akan tidak di katakan normal jika bulu anjing rontok kemudian berujung kkebotakan atau pitak di beberapa bagian tubuh anjing. Anjing yang mengalami bulu rontok biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor seperti ras tertentu,infeksi,iritasi,dan parasit. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan bulu anjing menjadi rontok :

# Penyebab Botak pitak pada Anjing

1.Alergi

Alergi merupakan salah faktor yang mempengaruhi anjing mengalami bulu rontok yang mengakibatkan kebotakan. Anjing yang mengalami alergi biasanya di sebabkan oleh makanan, lingkungan seperti serbuk tanaman, parasit ( kutu dan tungau ).

Selain itu gigitan kutu juga salah satu penyebab utama anjing mengalami bulu rontok yang mengakibatkan kebotakan pitak. Jika anjing sudah terkena gigitan kutu biasanya akan merasakan gatal,kulit menjadi kemerahan,perilaku anjing yang sering menjilati dan menggigiti area yang teriritasi. Untuk anjing yang khususnya alergi, mungkin hanya diperlukan satu gigitan kecil kutu saja untuk menyebabkan reaksi alergi yang bisa terus terjadi selama berhari-hari.

Walaupun semua anjing bisa mengalami alergi, namun beberapa ras tertentu lebih rentan dibandingkan ras lainnya, termasuk golden retriever, dalmatian, boxer, Boston terrier, shih tzu, and Labrador retriever. Mengobati alergi anjing bisa dengan memberikan obat oles atau topikal, imunoterapi, perubahan dalam makanan, dan menghindari alergen.

2.Penyakit Cushing

Cushing merupakan salah satu jenis penyakit hewan seperti anjing, Anjing berusia 6 tahun atau lebih biasanya sering di serang penyakit cushing. hyperadrenocorticism atau penyakit Cushing akan menyerang anjing yang memiliki produksi hormon kortisol berlebihan sehingga menyebabkan bulu anjing menjadi rontok. Selain itu penyakit ini juga memiliki hubungan dengan tumor pada salah satu kelenjar adrenal. jika anda pemelihara hewan anjing ketika sudah mengetahui gejal-gejala penyakit ini sebaiknya di bawa ke dokter supaya mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan, dan mengetahui hal apa saja yang perlu di hindari.

3.Genetik

Beberapa anjing memiliki kecenderungan lebih rentan terhadap kebotakan dibandingkan yang lain karena memiliki faktor genetik. Penyakit ini juga bisa menyerang jenis anjing whippet, Chihuahua, Dachshund, dan Italian greyhound biasanya setelah usia 1 tahun keatas, penyakit ini akan menyerang anjing tersebut di bagian paha dan leher bagian bawa. Kebanyakan anjing biasa akan terserang penyakit ini di bagian seperti dada, punggung, dan telinga luar.

4.Infeksi

Infeksi salah satu penyebab anjing mengalami kebotakan pitak, anjing yang mengalami infeksi biasanya terkena Jamur Ringworm, tungau, dan bakteri. Anjing yang terkena tungau biasanya di tandai dengan adanya bulu mata,mulut,dan area lainnya yang rontok.

5.Sering berkontak dengan Permukaan Keras

Anjing tua atau anjing berat cenderung rentan dengan luka tekanan yakni luka yang diakibatkan karena siku atau bagian tulang lainnya sering berkontak dengan permukaan keras (misalnya anjing yang terbiasa tiduran di lantai semen). Seiring waktu karena tekanan dengan permukaan keras konstan terjadi maka membuat kulit anjing di area tersebut menjadi menebal, bulu rontok, dan membentuk kapalan.

Pelembab, antibiotik dan bahkan operasi merupakan cara pengobatan untuk menangani anjing yang mengalami kapalan hingga retak parah, berdarah, atau terinfeksi. Anda bisa mencegah terjadinya luka tekanan dan kapalan ini dengan menyediakan selimut empuk untuk anjing Anda.

6.Ruam/bintik merah disertai gatal

Gigitan dan sengatan serangga, obat-obatan, tanaman, bahan kimia, bahkan shampoo dapat menyebabkan anjing mengalami ruam atau bintik merah gatal, sehingga menyebabkan anjing mengalami kebotakan pitak. Ruam akibat alergi akan muncul dalam jangka waktu beberapa menit-jam setelah pemaparan.

Anjing yang mengalami Ruam/bintik merah disertai gatal biasanya di tandai dengan dengan munculnya gejala seperti nafsu makan berkurang,demam,dan anjing terlihat lesu . Konsultasikan dengan vet jika anjing anda mengalami bintik merah gatal karena mungkin diperlukan pengobatan lebih lanjut.

7.Reaksi tubuh terhadap benda asing

Kebotakan pitak pada anjing biasanya juga di sebabkan oleh beberapa faktor lainnya seperti pecahan kaca, duri, bahkan bulu kasar anjing sendiri. Selainitu kebotakan pitak terjadi karena anjing mengalami iritasi yang disebabkan oleh benda asing termasuk bengkak dan perilaku anjing yang menjilati area iritasi berulang-ulang, misalnya area antara jari kaki.

Jika mengalami kejadian seperti itu anjing membutuhkan pengobatan atau pembukaan area yang terinfeksi dengan dibius lokal atau umum untuk mengeluarkan iritan atau benda asing yang terjebak dan diberikan antibiotik jika ada infeksi bakteri sekunder.

8.Post-Clipping Alopecia

Sebagian anjing, terutama ras anjing dengan bulu tebal seperti Alaskan Malamute, Siberian Husky dan Keeshond ketika melakukan pemotongan bulu untuk operasi biasanya dapat menyebabkan botak pitak yang persisten. Kondisi ini cukup umum terjadi, sebenarnya tidak ada pengobatan yang diperlukan untuk kebotakan pasca kliping kecuali bersabar sementara menunggu bulu tumbuh kembali dengan sendirinya.

9.Waktu untuk pemeriksaan vet kebotakan anjing

Temui vet jika anda tidak yakin dengan dengan apa yang menyebabkan keboatakan pitak dan pitak di sertai dengan beberapa faktor seperti Perubahan perilaku pada anjing, Bau tidak sedap, Kulit iritasi atau terinfeksi, dan anjing merasa gatal .

Info Perawatan Selain : Penyebab Penyakit Kulit Botak Pitak Pada Anjing ( Alopecia )

dog food bikin bulu anjing rontokKenapa bulu anjing pada botak

Page

    Page

      Page