MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Perlukah Memberi Obat Cacing Untuk Anjing Kesayangan Anda?

Perlukah Memberi Obat Cacing Untuk Anjing Kesayangan Anda? – Obat cacing sangat penting diberikan papda hewan kesayangan anda agar mencegah berbagai infeksi cacing. Tak jarang banyak pemilik hewan yang tidak menyadari bahwa hewan kesayangannya terinfeksi cacing sampai menimbulkan gejala klinis sehingga dapat berakibat buruk pada hewan kesayangan anda. Gejala yang ditimbulkan meliputi kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan, batuk, diare dan muntah cukup banyak. Meskipun kondisi lingkungan anda bersih, tidak menjamin hewan kesayangan anda bebas dari terinfeksi cacing. Untuk itu, kegiatan pencegahan sangat penting anda lakukan. Penyebaran infeksi cacing bisa karena gigitan kutu, gigitan nyamuk atau kontak dengan anjing lain yang terinfeksi.

Anda diajurkan rutin melakukan program deworming pada hewan kesayangan anda. Untuk anak anjing dianjurkan mulai pengobatan pada usia 2 minggu, berulang pada 4, 6, dan 8 minggu,kemudian lakukan tindakan pencegahan tiap 3 bulan.

Infeksi cacing dapat anda ketahui melalui tanda-tanda seperti memuntahkan cacing hidup dalam dalam infestasi cacing gelang yang buruk, terlihat cacing pada tinja atau tidak sama sekali. Segmen cacing pita dapat terlihat di ujung belakang di dekat rektrum atau di tempat tidurnya. Ketika kering, cacing ini terlihat pucat seperti benih kecil. Ketika baru saja muncul pada rektrum, anda mungkin akan melihat segmen yang bergerak. Jenis cacing tambang yang tidak mudah terlihat seperti cacing pita dan cacing gelang. Maka dari itu, bawalah hewan kesayangan anda ke dokter hewan untuk mengetahui diagnosa jenis cacing apa dan pemberian obat yang tepat yang menginfeksinya.

Pemberian obat cacing memang untuk membunuh cacing dewasa, tapi perlu mengulangnya untuk membunuh telur cacing yang tidak dapat di matikan oleh obat cacing tersebut yang dalam sirkulasinya telah menetas menjadi cacing dewasa. Untuk jadwal pengobatan yang direkomendasikan ialah sejak umur 2 minggu, hal ini bertujuan agar membunuh semua ascarids (cacing gelang), yang mungkin berasal dari susu induk anak anjing atau anak anjing mungkin telah terinfeksi telur dari lingkungan. Anjing dewasa lebih mudah terinfeksi dengan cacing tambang atau jenis cacing lainnya dari pada dengan ascarids.

Cacing pita merukapan parasit yang sangat umum dari anjing maupun kucing. Biasanya penyebaran cacing ini melalui kutu, parasit ini juga bisa menular pada manusia melalui makanan yang terinfeksi. Cacing ini bisa di basmi dengan obat cacing golongan praziquantel. Contoh obat yang mengadung bahan aktif praziquantel seperti Drontal plus yang mengandung 50 mg praziquantel. Selain bisa membasi cacing pita, obat ini juga bisa membasmi jenis cacing Cacing Tambang (Ancylostoma caninum, Uncinaria stenocephala), Cacing Gelang (Toxocara canis, Toxascaris leonina), dan Cacing Cambuk (Trichuris vulpis).

Selain memberikan obat cacing, sebaiknya anda juga harus rutin sepanjang tahun untuk melakukan pemeriksaan pada hewan kesayangan anda. Sebaiknya berhati-hati bila anda memberikan obat cacing tanpa petunjuk dari dokter hewan karena obat cacing bisa sangat beracun untuk organ hati anjing anda. Maka dari itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai dosis obat cacing yang diberikan untuk anjing kesayangan anda.

Info Perawatan Selain : Perlukah Memberi Obat Cacing Untuk Anjing Kesayangan Anda?

Page

    Page

      Page