MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Pertolongan Pertama Pada Anjing Yang Sakit Mencret (Diare)

Pertolongan Pertama Pada Anjing Yang Sakit Mencret (Diare) – Jika anjing anda mencret/diare, maka cobalah anda lakukan hal-hal berikut ini sebagai pertolongan pertama:

1. Puasakan makanan 12 jam, namun tetap diberi minum.
2. Setiap dia mencret, berilah dia minum Pedyalite atau Pocarisweat encerkan dengan air (1:1)
3. Berilah dia makanan yang mudah untuk dicerna. anda bisa membuat bubur beras ditambah daging cincing tanpa lemak (1:1), rebuslah dengan api yang kecil sampai lunak. Jika anjing anda kehilangan nafsu makannya, blenderlah bubur tadi lalu masukan ke plastik dan ikatlah. Lubangi salah satu ujung bawah dan cengkokan ke mulut anjing anda secara perlahan. Bila anda ingin mengasih makan anjing kesayangan anda, berilah dia 1/2 atau 1/3 porsi makan.
4. Anda juga bisa memberikannya waluh (biasa untuk hallowen) satu kali dalam sehari. Rebuslah waluh tersebut dan tumbuk sampai halus lalu berikan waluh yang telah di tumbuk halus sebanyak 1 sendok/10kg berat anjing. Bila telah membaik anda bisa memberikan waluh mentah yang di potong seperti dadu.
5. Jika selama 3 hari diare tidak kunjung sembuh, maka periksakanlah anjing anda kepada dokter hewan.

Jika selama perawatan tinja anjing anda terdapat darah maka lakukanlah hal berikut ini:

1. Berikan larutan Kaolin+Pectin, contoh merk Kaopectat sebelum makan 3x sehari. Dosis setiap pemberian 1cc/kg berat anjing.
2. Berikan Trimethoprim+Sulfamethoxazole (merk Sanprima) setelah makan 2x sehari. Dosis setiap pemberian 12,5-50mg/kg (dihitung dr kandungan Trimethoprim).
3. Berikan Liporamide (merk Imodium), setelah makan 2x sehari. Dosis setiap pemberian 0,1mg/kg
4. Jika kondisi sudah membaik, lanjutkan pemakaian selama 5 hari. Bila selama 3 hari kondisinya masih memburuk, bawalah ke dokter hewan.
5. Selama perawatan, tetap berikan dia makanan bubur ayam dan pocari sweat.

Kaolin+Pectin berguna untuk menyerap beberapa toksin dipencernaan dan melapisi dinding usus yg terluka. Sedangkan Trimethoprim+Sulfamethoxazole merupakan antibiotik untuk pencernaan yang mencegah infeksi sekunder akibat terlukanya dinding usus.

Liporamide berguna untuk memperlambat gerak peristaltis usus ketika mendorong makanan sehingga usus yg terluka tidak berkontraksi terlalu cepat.

Bubur ditambah dengan daging cincang merupakan jenis makanan yang sangat mudah untuk di cerna. Selama diare, tidak dianjurkan memberikan makanan yang mengandung serat berlebihan dan lemak.

Waluh berguna untuk menyerap kelegihan cairan di dalam usus. Tentu jangan memberikannya terlalu banyak.

Janga asal memberikan obat yang anda tidak tahu kegunaannya. Untuk itu, pastikan kenapa anda memberikan obat tersebut, bagaimana cara kerjanya, serta mengapa harus diberikan.

Jangan memberikan makanan yang sulit untuk di cerna. Contohnya kuning telur dengan madu, memang sangat baik untuk menambah energi agar tidak mudah lemas namun malah bisa memperparah diarenya. Hal ini karena kuning telur banyak mengandung lemak sedangkan madu mengandung botulism spore yang tidak baik untuk anjing. Untuk itu, serat dan lemak yang berlebihan wajib untuk dihindari.

Catatan penting: Jika selama 3 hari kondisinya masih memburuk maka bawalah anjing anda ke dokter hewan. Lakukanlah tes darah rontgen atau usg, untuk mengetahui penyebabnya.

Info Perawatan Selain : Pertolongan Pertama Pada Anjing Yang Sakit Mencret (Diare)

pocari sweat berikan pada anjing terkena penyakit

Page

    Page

      Page