MerawatAnjing.Org

Panduan Merawat Anjing Kesayangan

Menu

Virus Parvo Pada Anjing – Penyebab Gejala dan Cara Mengobatinya

Virus Parvo / Canine Parvovirus merupakan penyakit virus yang memiliki sifat menular, jika sudah tertular bisa menghasilkan penyakit berbahaya yang mengancam nyawa penderitanya .Virus ini memisahkan sel-sel dalam tubuh anjing dan yang terparah menyerang saluran usus anjing. Sedangkan Parvovirus menyerang sel darah putih dan jika sejak muda terinfeksi virus ini, maka virus akan menghancurkan otot jantung dan bisa menyebabkan masalah jantung pada anjing seumur hidupnya. Parvo sendiri adalah penyakit berbahaya yang bisa menimbulkan kematian. Anjing kecil yang terserang penyakit ini biasanya nyawanya melayang. Kebanyakan juga anjing yang terserang penyakit ini usianya di bawah 1 tahun. Cara kerja penyakit parvo ini tidak membutuhkan kontak namun langsung menular. Parvovirus bisa hidup di dalam tanah atau feses anjing yang sudah terinfeksi selama satu tahun, bahkan pada temperatur yang ekstrim.

3 sampai 10 hari merupakan masa inkubasi parvovirus dan di tandainya dengan munculnya gejal-gejala setelah masa inkubasi. Masa inkubasi berkembang secara cepat dalam waktu 12 jam kurang lebih. Meskipun anjing anda selalu berada di dalam atau halaman rumah anda, parvo bisa dengan mudah ditularkan. Penyakit ini bisa datang dari sepatu, ban atau dari apapun yang bisa kontak dengan tanah atau feses yang terinfeksi. Berikut beberapa gejala anjing terserang virus parvo :

1.Lesu

Segera bawah anjing anda ke dokter ketika tampak seperti depresi dan kelelahan bahkan di saat sedang beristirahat. Hal ini merupakan tanda paling umum anjing terkena virus parvo.

2.Muntah

Jika anjing anda tiba-tiba muntah seketika dan tidak di temukan penyebab yang jelas. Segerah bawa anjing anda ke dokter supaya mendapat pemeriksaan dan pengobatan, sebab anjing anda terserang virus parvo.

3.Pup berdarah

Berak/diare berdarah adalah salah satu dari gejala parvo yang berbahaya. Jika ditambah dengan muntah, bisa membuat anjing anda dehidrasi dengan sangat cepat. Segeralah anjing anda mendapat pemeriksaan dari dokter dan pengobatan .

4.Demam tinggi

Jangan pernah menyepelehkan demam,karena demam yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anjing anda. Demam Tinggi juga merupakan salah satu jenis gejal virus pravo.

5.Kurang nafsu makan

Jika anjing anda mengalami masalah kurang nafsu makan,segerah cari tau penyebabnya. Jika anjing mengalamihal ini tubuhnya akan merasa lemas dan tidak merasa punya tenaga. Sebagai pemilik sebaiknya berhati-hati karena kurang nafsu makan merupakan jenis gejala anjing terkena virus porva .

6.Feses / poop berbau aneh

Anjing parvo memiliki feses yang baunya sangat pekat dan aneh. Saat gejala ini terjadi, mungkin sudah terlambat untuk menyelamatkan anjing tersebut.

# Jenis-Jenis Virus Parvo :

Tidak semua anjing mati jika terinfeksi parvo. Ada jenis yang lebih mematikan dari pada yang lain yakni ntestinal Parvovirus dan Cardiac Parvovirus.

1.Intestinal Parvovirus

Infeksi yang umum menyerang anjing adalah Intestinal Parvovirus. jenis infeksi ini mempunyai sifat menyerang lapisan saluran pencernaa, sumsum tulang, dan sel. Usus rusak dan menyebabkan bakteri masuk ke dalam aliran darah, menambah komplikasinya menjadi lebih besar dan menginfeksi aliran darah dalam tubuh anjing

2. Cardiac Parvovirus

Cardiac Parvovirus merupakan jenis infeksi yang paling mematikan dari jenis infeksi lainnya. Jenis ini menyerang jantung dan bisa membunuh dengan atau tanpa ada gejala. Jenis infeksi ini juga menginfeksi sebagian besar puppies yang masih sangat kecil.

A.Pengobatan

Segera bawa anjing anda kedokter merupakan kesempatan terbaik untuk menyelamatkan anjing,setelah anda melihat gejala parvo. Meskipun tidak ada obat untuk parvo, dokter hewan akan memberikan infus pada anjing untuk melawan dehidrasi dan kekurangan gizi. Vitamin, gula dan potassium juga akan diberikan bersama dengan antibiotik untuk membantu mencegah infeksi. Pada kasus yang ekstrim, transfusi darah mungkin diperlukan.

B.Pencegahan

Memberikan vaksinasi sejak kecil merupakan cara paling baik untuk mencegah anjing anda terkena pravo. Puppies mendapat beberapa kali suntikan untuk memulai proses vaksinasi,mendapat satu kali suntikan setiap tahun untuk beberapa tahun pertama sejak lahir. Beberapa dokter hewan juga merekomendasikan untuk memberikan vaksin pada anjing anda setahun sekali, berapapun usianya. Anjing yang berhasil selamat dari parvo biasanya kebal untuk terkena penyakit ini lagi, meskipun ada beberapa kasus yang bisa terkena lagi.

Jika anda pernah memiliki anjing yang menderita parvo, tunggu setidaknya satu tahun sebelum membawa anjing baru ke dalam rumah anda. Meskipun tidak menular melalui udara seperti virus lainnya, parvo virus bisa hidup dalam tanah dan menginfeksi anjing dengan sangat mudah. Mencuci dengan sabun dan air tidak akan membunuh virus. Bahan pemutih dikenal cukup kuat untuk membunuh virus pada benda padat seperti piring makan dan lantai.

Info Perawatan Selain : Virus Parvo Pada Anjing – Penyebab Gejala dan Cara Mengobatinya

cara tradisyonal mengobati anjing yang munta darah dan berak darahcara mengobati anjing virupenyakit anjing berak darah dan muntah

Page

    Page

      Page